Padang Aro (ANTARA) - Kepolisian Resor Solok Selatan meminta para pemudik mewaspadai sejumlah lokasi rawan tanah bergerak dan longsor, terutama ketika hujan, di jalan nasional dari Air Dingin hingga Surian, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

"Memang bukan wilayah hukum kami, tapi kita tetap mengingatkan pemudik untuk mewaspadainya, terlebih saat hujan," ujar Kasat Lantas Polres Solok Selatan Iptu Ade Saputra di Padang Aro, Rabu.

Selain rawan tanah bergerak, jalan tersebut terbilang kecil dan licin saat hujan.

Jalur mudik di Solok Selatan, dari perbatasan di Hulu Suliti, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh hingga perbatasan Kerinci, Jambi, katanya, relatif aman.

"Kalau di Solok Selatan relatif aman karena jalurnya banyak yang lurus," katanya.

Baca juga: KAI Surabaya waspadai 7 titik rawan bencana saat mudik Lebaran 2022

Selama Operasi Ketupat Singgalang 2022, Polres Solok Selatan mendirikan tiga pos pengamanan, yakni di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Padang Aro, Kecamatan Sangir, RTH Muaralabuh, Kecamatan Sungai Pagu, dan Lubuk Malako, Kecamatan Sangir Jujuan.

"Setiap Pospam Lebaran akan ditempatkan 13 personel, termasuk kapospam (kepala pos pengamanan)," katanya.

Selain pengamanan di setiap pospam, pihaknya juga akan menempatkan personel di sejumlah objek wisata yang selama ini menjadi tempat kunjungan masyarakat.

Di setiap pospam tersebut, juga melayani vaksinasi penguat bagi masyarakat.

Baca juga: BPBD Lebak minta pemudik waspada jalur rawan longsor

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solok Selatan Novi Hendrik menambahkan sepanjang jalur mudik yang akan dilewati masyarakat Solok Selatan yang ingin pulang kampung kendati tidak ada yang rawan longsor, tetap perlu diwaspadai ketika hujan lebat, dari Sungai Kalu hingga Balun, Koto Parik Gadang Diateh.

"Kalau yang rawan (bencana alam, red.) tidak ada, namun tetap diwaspadai di saat hujan," ujarnya.

Untuk penanganan bencana alam, imbuhnya, pemerintah daerah setempat telah menyiapkan sejumlah alat berat guna mengatasi material longsor, selain bantuan dari pihak swasta dan pemerintah provinsi setempat.

Baca juga: Polda Kalteng: Tiga daerah rawan laka lantas saat arus mudik Lebaran
Baca juga: Dishub tempatkan personel di ruas rawan kecelakaan saat arus mudik
Baca juga: Kapolda Maluku sebut Operasi Ketupat Salawaku 2022 amankan titik rawan

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022