Merak, Banten (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengimbau kepada pemudik yang akan menyeberang dari Merak ke Bakauheni untuk segera menyeberang lebih awal dan tidak menunggu puncak arus mudik Lebaran.

"Kepada calon pemudik, terutama yang ingin menyeberang supaya dalam memanfaatkan dua atau tiga hari ini, untuk segera menyeberang," ujar Muhadjir Effendy di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Selasa.

Baca juga: Kapolri: Terjadi pergeseran arus mudik Lebaran 2022 di Pelabuhan Merak

Menko PMK mengimbau kepada pemudik agar tidak menunggu puncak arus mudik, mengingat pemerintah sudah membantu dengan menyediakan fasilitas dan kemudahan, seperti harga tiket penyeberangan pada siang hari yang lebih murah dibandingkan pada malam hari.

"Jangan menunggu puncak mudiknya, dengan berbagai macam fasilitas, kalau melakukan penyeberangan pada siang hari harga tiketnya juga berbeda dengan harga tiket malam," katanya.

Selain itu, melakukan penyeberangan sejak awal, pemudik tidak akan berdesak-desakan dan mengalami kepadatan lalu lintas.

"Ini yang harus kita sampaikan kepada masyarakat agar penyeberangan dari Merak ke Bakauheni dalam rangka mudik Lebaran ini berjalan mulus, tidak terkendala dan mudah-mudahan Gunung Anak Krakatau tidak bermasalah, sehingga semuanya bisa berjalan lancar," kata Muhadjir Effendy.

Baca juga: Kapolda Banten pantau kesiapan pelayanan arus mudik di Pelabuhan Merak

Baca juga: Kapolri tinjau Pelabuhan Merak pastikan penerapan prokes diperketat


Menko PMK juga menyampaikan bahwa semua pihak kompak, untuk menyiapkan mudik tahun 2022, khususnya penyeberangan dari Merak ke Bakauheni, dan ketika arus balik dari Bakauheni ke pelabuhan Merak.

Menko PMK juga mengapresiasi Kapolri, Kapolda Lampung dan Banten beserta seluruh jajaran, dan seluruh pemangku kepentingan lainnya, terutama berkaitan dengan persiapan penyeberangan yang dilakukan dengan sebaik-baiknya.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022