Jakarta (ANTARA) - Bintang Memphis Grizzlies Ja Morant dinobatkan sebagai Pemain Paling Berkembang atau Most Improved Player (MIP) NBA 2021-22 demikian diumumkan dalam laman resmi NBA, Selasa.

Morant, yang menjalani tahun ketiganya di NBA, menjadi pemain Grizzlies pertama yang meraih gelar MIP sejak penghargaan itu mulai dianugerahkan pada 1985-86 kepada pemain-pemain yang memperlihatkan perkembangan dramatis di satu musim.

Pebasket berusia 22 tahun itu mengumpulkan 221 poin disertai 38 suara pilihan pertama dalam jajak pendapat yang melibatkan 100 reporter dan penyiar olahraga.

Baca juga: Luka Doncic bawa Mavericks memimpin 3-2 selepas lumat Jazz 102-77

Di belakang Morant, terdapat bintang San Antonio Spurs Dejounte Murray yang finis dengan 183 poin dan 20 suara pilihan pertama, sedangkan bintang Cleveland Cavaliers Darius Garland berada di tempat ketiga dengan 178 poin dan 11 suara pilihan pertama.

Morant, yang untuk pertama kalinya menembus tim All-Star NBA musim ini, mencatatkan rata-rata terbaik kariernya lewat 27,4 poin, 6,7 assist, 5,7 rebound, dan 33,1 menit bermain dalam 57 penampilan musim reguler.

Ia juga memiliki konversi tembakan terbuka terbaik kariernya musim ini berupa 49,3 persen serta menjadi pebasket ketiga dalam sejarah NBA yang mencapai rata-rata gemilang di atas dalam tiga musim setelah Oscar Roberton dan Dwyane Wade.

Selain mengalami peningkatan rata-rata 8,3 poin dan 4,3 persen akurasi tembakan terbuka dibanding musim lalu, Morant juga mencapai angka terbaik kariernya untuk menit bermain, rebound, steal, lemparan bebas, serta teripoin.

Baca juga: Raptors bawa seri ke Toronto lagi usai hantam Sixers 103-88

Di musim reguler Morant setidaknya mencatatkan 40 poin atau lebih dalam enam pertandingan, setelah hal serupa hanya terjadi sekali dalam dua musim sebelumnya.

Ia bahkan menorehkan rekor top skor gim musim reguler Grizzlies dalam dua pertandingan beruntun, pertama dengan 46 poin yang dicetaknya melawan Chicago Bulls pada 26 Februari diikuti 52 poin kontra Spurs dua hari berselang.

Morant saat ini masih berjibaku mengantarkan Grizzlies melewati hadangan Minnesota Timberwolves pada putaran pertama playoff Wilayah Barat NBA yang sementara berkedudukan imbang 2-2 dan akan menjalani Gim 5 di Memphis pada Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Baca juga: Celtics sapu bersih Nets 4-0

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022