Jakarta (ANTARA) - Untuk menjaga keawetan mobil harus dilakukan perawatan rutin sehingga mobil selalu dalam kondisi baik. Sayangnya masih banyak yang cuek pada perawatan mobil dan berujung pada kerusakan. Jika sudah begini, pemilik pun tidak bisa berbuat apa-apa selain membawanya ke bengkel terdekat di Otoklix.com.

Cara merawat mobil yang tepat secara mandiri mampu menjaga performa mobil. Untuk menjamin kelangsungan mobil, Anda perlu memahami dan menerapkan beberapa prosedur perawatan. Untuk itu Anda perlu menyimak informasi berikut.

Tim redaksi berhasil mewawancarai Helda Sihombing selaku content manager dari otoklix. Otoklix adalah perusahaan startup yang memberikan banyak keuntungan bagi para pengguna roda empat, termasuk dalam hal memberikan jasa perawatan mobil dengan cepat, dan harga yang transparant.

“Punya mobil memang menjadi hal wajib, namun perawatan mobil juga harus diperhatikan. Ketika kita tidak merawat mobil, alih alih malah bisa keluar lebih banyak saat perbaikan. Itu yang harus di perhatikan,” ucap Helda Sihombing saat diwawancarai.

Cara untuk Menjaga Keawetan Mobil Harus Dilakukan Perawatan Rutin Secara Tepat

Untuk membantu para pecinta otomotif, Otoklix memiliki tips dan cara tepat untuk perawatan terbaik.

Cek Oli Mesin Mobil

Hal pertama yang perlu menjadi perhatian Anda adalah oli mesin mobil. Lakukan pemeriksaan serta pengecekan kondisi oli mobil setiap pagi dengan kondisi mesin dalam keadaan mati. Tujuannya adalah melakukan pengecekan saat oli mesin dalam keadaan normal.

Volume oli mesin yang tersisa dapat Anda cek dan ketahui secara persis. Cukup dengan menarik dipstick berlabel oli pada bagian kap mesin mobil, maka Anda dapat melihat secara jelas sisa oli yang ada.

Posisi permukaan oli apakah benar pada batas indikator melalui ujung dipstick atau malah di bawah standar full. Dengan begitu, ketika berada di bawah standar, Anda bisa menambahkan oli mesin hingga menyentuh batas maksimal. Hal ini untuk menjaga keawetan mobil, harus dilakukan perawatan rutin pada mesin.

Perhatikan Transmisi Mobil

Pada dasarnya, merawat mobil yang tepat juga tergantung dari pemilihan transmisi mobil. Memperhatikan mana transmisi mobil yang tepat membuat Anda mengendarai mobil dengan nyaman dan menghindari kerusakan mobil perlahan.

Tentunya penting memperhatikan bagaimana penanganan transmisi baik otomatis maupun manual. Memperhatikan pada oli transmisi mobil juga dapat dilakukan berkala. Cari dipstick dengan label transmission dan cek kondisi oli transmisinya.

Semua Anda pastikan oli dalam keadaan bersih sehingga sama sekali tidak ada serpihan logam yang tertinggal. Jika sudah terlanjur ada serpihan logam, maka perlu penanganan lebih detail ke bengkel mobil terdekat.

Cek Aki Maupun Air Aki

Salah satu untuk menjaga keawetan mobil harus dilakukan perawatan rutin pada komponen sumber listrik mobil yang paling vital adalah aki. Ketika Anda tidak memperhatikan kondisi aki maka sangat berbahaya jika terjadi konsleting.

Untuk itu perlu adanya pengecekan dan perawatan rutin sehingga aki berfungsi dengan baik. Tentu perlu dilakukan pemeriksaan ketinggian air dan kembali mengisinya sesuai batas maksimum. Hal ini Anda lakukan jika aki yang Anda gunakan adalah aki basah.

Begitu juga dengan penggunaan aki kering. Penggantiannya dapat dilakukan ketika sudah cukup lama maupun saat sistem listrik memiliki masalah. Selain itu perawatan juga menggunakan voltmeter yang dihubungkan pada terminal plus serta minus aki.

Jadi Anda bisa mengecek ketinggian air di tabung cadangan atau reservoir. Penting untuk memastikan air di bawah batas indikator full. Sehingga air bisa masuk ke sistem pendinginan. Untuk beberapa mesin mobil buatan terbaru, Anda sebaiknya tidak membuka penutup pada bagian radiator.

Karena mesin tertentu dengan gelembung udara pada sistem pendingin dapat memicu overheat. Pastikan bagian area air radiator apakah berkarat atau tidak. Jika tanda-tanda karat atau korosi terlihat, maka segera lakukan pembersihan agar tidak melebar ke area lainnya.

Melindungi Cat Body Mobil

Untuk menjaga keawetan mobil harus dilakukan perawatan rutin sehingga terlihat baru, Anda juga perlu merawat bodi mobil. Penampilan mobil Anda adalah paling utama sehingga perlu juga menjaga kualitas cat agar menarik dipandang. Hindari gesekan baik batang, ranting, tembok, dan lainnya yang memungkinkan terjadi baret.

Rutin melakukan cuci kendaraan dan menggunakan cairan penghalus maupun perawatan bodi mobil. Lakukan cuci mobil sesering mungkin sehingga mobil selalu dalam kondisi bersih.

Gunakan Bahan Bakar Paling Tepat

Hal penting selanjutnya adalah dari segi bahan bakar. Setiap mobil memiliki spesifikasi berbeda. Pilihan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan memberikan pengaruh kerja mesin menjadi lebih baik. Itulah mengapa memilih bahan bakar yang tepat sangat penting untuk performa kendaraan.

Cek Rem Mobil

Selain komponen di atas, melakukan perawatan berkala pada rem mobil adalah yang paling penting. Karena bagian ini justru yang sering terlupakan. Mengingat peran minyak rem yang sangat penting untuk menjaga serta menyerap kelembaban.

Cek temperatur minyak rem mobil. Apabila temperatur semakin rendah, maka resiko karatan maupun korosi pada sistem rem hidrolik semakin besar. Untuk melakukan pengecekan segmen minyak, maka dengan selang waktu setiap 60 ribu km.

Program GoGoKlix Kasih Kesempatan Gratis Ganti Oli Setahun

Kini Anda tidak perlu bingung untuk menjaga keawetan mobil harus dilakukan perawatan rutin seperti apa. Bersama Otoklix.com maka Anda bisa mendapatkan perawatan melalui bengkel terdekat Anda. Dapatkan berbagai kemudahan dan hadiah melalui promo GoGoklix atau Gratis Ganti Oli by Otoklix untuk semua pengguna aplikasi Otoklix di seluruh Indonesia. Selesaikan beberapa misi tertentu dan silahkan baca syarat dan ketentuannya hanya di GoGoklix

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022