Arus Mudik

Pemudik yang melintasi jalur simpang Gadog diminta lengkapi vaksinasi

Pemudik yang melintasi jalur simpang Gadog diminta lengkapi vaksinasi

Dokter Umum Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Dwi Putri Arlina saat dijumpai di posko Dinkes Kabupaten Bogor dan Gerai Vaksinasi di simpang Gadog, Bogor, Rabu. (ANTARA/Aria Cindyara)

Gadog, Bogor (ANTARA) - Para pelaku perjalanan yang akan mudik melalui jalur simpang Gadog diminta untuk memastikan kelengkapan vaksinasi COVID-19 hingga vaksin penguat dosis ketiga atau vaksin booster.

“Yang pertama vaksin, dilengkapi dulu vaksinnya,” kata Dokter Umum Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Dwi Putri Arlina saat dijumpai di Posko Dinkes Kabupaten Bogor dan Gerai Vaksinasi di simpang Gadog, Bogor, Jawa Barat, Rabu.

Kelengkapan vaksinasi memang menjadi salah satu persyaratan perjalanan, dan bagi para pemudik yang belum melengkapi vaksinasi hingga dosis ketiga dapat mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 di gerai vaksinasi yang tersedia di Pos Pelayanan Terpadu Jalur Wisata Puncak di simpang Gadog.

“Untuk pemudik yang belum vaksin dapat mampir ke sini karena kita menyelenggarakan vaksin (dosis) satu, dua, maupun booster,” ujar Dwi.

Baca juga: Dokter ingatkan masyarakat lakukan vaksinasi COVID-19 sebelum mudik

Adapun jenis vaksin yang disediakan yakni buatan Pfizer dan AstraZeneca.

Bagi mereka yang ingin mendapatkan suntikan vaksin pertama dan kedua perlu membawa dokumen pribadi seperti KTP ataupun Kartu Keluarga. Sementara untuk vaksin penguat dosis ketiga, pemudik perlu membawa kartu vaksin pertama dan kedua.

Sebelumnya, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor AKP Dicky Pranata mengatakan pihaknya akan melakukan pengecekan terkait kelengkapan vaksinasi pelaku perjalanan.

“Tentu, tentu. Jadi saat ini selain yang kita lakukan di jalur, kita ada Satgas kecamatan, mereka yang nanti akan patroli ke tempat-tempat rawan kerumunan ataupun tempat wisata. Selain menghimbau, mereka juga akan melakukan pemeriksaan,” kata Dicky.

Dia pun mengimbau agar masyarakat yang belum melengkapi vaksinasi dapat memanfaatkan fasilitas gerai vaksin di Pos Pelayanan simpang Gadog.

Lebih lanjut, kata dia, selain gerai vaksin, Dinkes Kabupaten Bogor juga menyediakan pos kesehatan yang dapat melayani keluhan pemudik terkait kondisi kesehatan selama perjalanan.

“Ada pemeriksaan tekanan darah, suhu, ya pemeriksaan basic, lalu per keluhan. Kalau pusing, tidak enak badan, itu bisa mampir dan kami sediakan obatnya gratis,” kata Dokter Dwi Putri Arlina.

Pos pelayanan kesehatan akan beroperasi selama 24 jam mulai tanggal 28 April hingga akhir masa cuti bersama Lebaran 2022, sementara gerai vaksin beroperasi mulai pukul 8 pagi hingga pukul 2 siang.

Dwi pun mengimbau kepada para pemudik untuk terus memastikan kondisi tubuh dalam keadaan prima saat melakukan perjalanan, dan untuk membawa obat-obatan pribadi yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, serta obat-obatan darurat seperti parasetamol.

Baca juga: Dokter: Silaturahim saat mudik tetap perhatikan protokol kesehatan
Baca juga: Dokter: Protokol kesehatan penting cegah penularan ke kelompok rentan


Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar