Semarang (ANTARA) - Kepala Basarnas Semarang Heru Suhartono menyatakan pihaknya telah menyiapkan perlengkapan kedaruratan secara lengkap untuk sambut kegiatan mudik 2022.

“Kami telah menyiapkan ada Heli Dauphine AS 365 N3+ untuk emergency darurat di ruas tol dari Tegal sampai Sragen. Apabila ada keadaan darurat, kami akan evakuasi,” kata Heru saat ditemui ANTARA di Semarang, Jawa Tengah, Rabu.

Heru menyebutkan dari sisi kendaraan, pihaknya menyediakan satu helikopter untuk memudahkan pertolongan pada korban kecelakaan untuk dievakuasi dan mempercepat rujukan ke rumah sakit seperti Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Kariadi, Semarang, Jawa Tengah.

Baca juga: Satu heli Basarnas siaga di gerbang Tol Kalilangkung

Enam kendaraan rescue car memiliki alat ekstrikasi yang digunakan untuk memberikan pertolongan kepada korban kecelakaan. Mobil itu, akan ditempatkan pada tanggal 28-30 April 2022 pada saat diberlakukan one way (satu arah).

“Ada rescue truck berisi alat ekstrikasi yang ditempatkan pada 28-30 April. Saat one way, dua kendaraan taktis di Pekalongan dan Kalikangkung,” ujar dia.

Basarnas turut menyiapkan rescue net, tandu, jangkar, rubber, body harness untuk melakukan evakuasi medis di udara. Sementara bila terbang di atas laut, perlengkapan akan dilengkapi life vest dan rubber boat.

Sebanyak 15 personel juga sudah disiapkan untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan di ruas jalan Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah. Dengan rincian lima anggota Basarnas, lima anggota potensi SAR atau relawan dan lima kru helikopter.

Sedangkan selama Idul Fitri tahun ini, Basarnas sudah menyiapkan 135 personel dan lima kru helikopter yang siaga sesuai shift yang berlaku. Masing-masing sebanyak 15 personel di sebar di beberapa titik mudik seperti di Jepara, Surakarta, Wonosobo, Rembang dan Magelang.

Menurut Heru pada Rabu (27/4), Basarnas sudah menerjunkan tiga regu untuk mengawal peristiwa darurat di tengah-tengah berlangsungnya kegiatan mudik.

Beberapa tim juga sudah selesai membantu menangani dua peristiwa kecelakaan yakni di Magelang dan Setiabudi saat bersiaga.

Heru meminta kepada semua pihak untuk tetap berhati-hati saat berkendara agar kegiatan mudik tahun 2022, bisa berjalan dengan aman dan lancar.

“Harapan kami, mohon patuhi aturan berlalu lintas sehingga tidak ada kecelakaan dan patuhi protokol kesehatan dengan tetap waspada,” ucap Heru.

Baca juga: Lima heli Basarnas disiagakan di sepanjang tol Trans Jawa saat mudik
Baca juga: SAR Tanjungpinang siagakan kapal hingga helikopter amankan mudik


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022