Medan (ANTARA) - Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, menyiapkan 105 bus berbagai ukuran untuk mengantar pemudik secara gratis ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran tahun ini.

"Ada 105 unit bus mulai dari ukuran besar, sedang, dan kecil kita siapkan untuk program mudik gratis bagi masyarakat Medan," kata Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman di Medan, Rabu.

Hingga saat ini, lanjut dia, tercatat 3.555 warga telah mendaftarkan diri untuk mengikuti program mudik gratis yang baru pertama kali digelar oleh Pemerintah Kota Medan itu.

Ada empat rute mudik yang dilayani dalam program mudik gratis Pemkot Medan tahun ini, yaitu pertama Medan-Rantauprapat-Kota Pinang-Gunungtua-Palas-Sibuhuan.

Baca juga: Taspen sediakan 12 bus mudik gratis dengan rute enam kota di Jawa

Rute mudik kedua Medan-Tarutung-Sipirok-Padangsidempuan-Panyabungan-Natal, ketiga Medan-Tarutung-Sibolga-Panyabungan, dan keempat Medan-Sidikalang-Pakpak Barat.

"Masyarakat kita begitu antusias mengikuti program mudik gratis yang diluncurkan oleh Wali Kota Bobby Nasution ini. Mungkin mereka sudah rindu kampung halaman, karena dua kali Lebaran tidak boleh mudik," katanya.

Ia juga mengatakan keberangkatan dilakukan selama tiga hari berturut-turut mulai 29 dan 30 April serta 1 Mei 2022 pukul 09.00 WIB di Lapangan Merdeka Medan di Jalan Pulau Pinang Kota Medan.

"Untuk pelepasan bus mudik gratis ini langsung dilakukan oleh Bapak Bobby Nasution. Bagi calon pemudik diwajibkan sudah di lokasi keberangkatan pukul 07.00 WIB," tutur Wiriya.

Baca juga: Pupuk Indonesia Grup sediakan 20 bus mudik gratis
Baca juga: 600 pemudik gratis kereta api tiba di Semarang
Baca juga: Pelindo berangkatkan 2.500 peserta Mudik Bersama BUMN

Pewarta: Muhammad Said
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022