Presiden Xi Jinping telah membuat komitmen yang begitu berani untuk mendorong pembangunan infrastruktur sebagai usaha baru untuk menyelamatkan pertumbuhan ekonomi di China
Jakarta (ANTARA) - Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis berpotensi melemah terbatas di tengah harapan baru dari China.

IHSG dibuka menguat 63,51 poin atau 0,88 persen ke posisi 7.260,87. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 naik 17,33 poin atau 1,61 persen ke posisi 1.091,58.

"Presiden Xi Jinping telah membuat komitmen yang begitu berani untuk mendorong pembangunan infrastruktur sebagai usaha baru untuk menyelamatkan pertumbuhan ekonomi di China," tulis Tim Riset Pilarmas Investindo Sekuritas dalam kajiannya di Jakarta, Kamis.

Di tengah situasi dan kondisi yang penuh dengan tekanan akibat COVID-19, terdapat berbagai komentar apakah langkah yang diambil Xi merupakan langkah terbaik atau justru menjadi sebuah langkah yang terlihat putus asa untuk mendorong perekonomian.

Presiden Xi menyampaikan hal tersebut pada hari Selasa (26/4) kepada Komite Sentral Keuangan dan Ekonomi, dimana dirinya mengatakan bahwa infrastruktur adalah pilar pembangunan ekonomi dan sosial.

Para pejabat yang hadir juga sepakat memberikan kesimpulan bahwa infrastruktur Negeri Panda itu masih belum sesuai dengan permintaan untuk pembangunan dan keamanan nasional.

Baca juga: IHSG Kamis pagi dibuka naik tajam 63,51 poin

Oleh sebab itu Pemerintah China akan memperkuat konstruksi infrastruktur secara menyeluruh untuk memastikan keamanan nasional, memperluas permintaan domestik, dan beberapa tujuan lainnya.

Komentar Xi telah menunjukkan China kembali ke habitat asalnya dimana mendorong pertumbuhan ekonomi melalui investasi publik, sebagai pendekatan masa lalu yang mendorong kenaikan utang pada saat itu.

Dari domestik, hari ini menjadi hari terakhir perdagangan bursa sebelum libur Lebaran. Tren konsumsi diperkirakan meningkat selama libur panjang.

Namun di tengah libur tersebut terdapat sentimen negatif lantaran adanya pertemuan bank sentral Amerika Serikat (AS) pada 5 Mei 2022 yang sudah dapat dipastikan akan menaikkan suku bunga acuan.

Bursa saham regional Asia pagi ini antara lain Indeks Nikkei menguat 160,93 poin atau 0,61 persen ke 26.547,56, Hang Seng naik 159,91 poin atau 0,8 persen ke 20.106,27, dan Straits Times meningkat 8,78 poin atau 0,3 persen ke 3.331,34.

Baca juga: IHSG ditutup jatuh, dipicu kekhawatiran perlambatan ekonomi global

 

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022