Bandarlampung (ANTARA) - Hutama Karya (HK) telah menyiapkan 47 "Mobile Reader" untuk mempercepat transaksi pembayaran tol guna mengantisipasi lonjakan di gerbang tol (GT) di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

"Pada mudik tahun ini terdapat 33 titik lokasi top up tunai, namun kami juga menyiapkan 47 Mobile Reader bila terjadi peningkatan kendaraan di GT dan juga 258 gardu operasi," kata Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro, dalam keterangan yang diterima, di Lampung, Kamis.

Selain itu, ia juga menyatakan kesiapan dalam menghadapi arus mudik dan balik tahun ini, HK telah menyiagakan 347 unit armada khusus di Tol Sumatera dan menerjunkan sebanyak 2.391 petugas yang siaga.

"Pada mudik tahun HK berfokus pada ruas Bakauheni-Terbanggibesar (Bakter) dan Terbanggibesar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka)," ujarnya.

Baca juga: Polisi alihkan lalu lintas dari Gerbang Tol Cikupa saat puncak mudik

Dia mengatakan di kedua ruas jalan tol tersebut, pihaknya menyiapkan 24 gerbang tol, 17 gerbang tol berada di ruas Bakter dan tujuh di ruas Terpeka.

Kemudian, lanjut dia, HK juga telah menyiapkan tiga skenario di arus mudik dan balik Lebaran 1443 Hijriah (H), di antaranya, pemenuhan atau peningkatan Standar Pelayanan Minimal (SPM) atas jalan utama, peningkatan antisipasi di gerbang tol kemudian peningkanan layanan rest area.

"Terkait peningkatan di jalan sudah kami perbaiki, untuk antisipasi ke depannya kita menyiapkan empat tim Pothole untuk mengantisipasi bila ada lubang-lubang yang muncul selama arus mudik dan balik," kata dia.

Sementara itu, Koentjoro juga menyampaikan, untuk tempat beristirahat pemudik, HK telah menyiapkan 17 rest area permanen di Ruas Bakter hingga Terpeka.

"Kami juga telah menambah fasilitas toilet sekitar 1.000 unit sehingga kurang lebih ada 2.000 toilet yang tersedia pada arus mudik tahun ini," ujarnya.

Baca juga: Polisi buka-tutup gardu Gerbang Tol Cikupa cegah kepadatan Merak

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022