Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko mengatakan visi Indonesia maju 2045 dapat terwujud jika didukung sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang unggul dan memadai.

"Visi Indonesia maju 2045 mungkin tidak akan tercapai jika Indonesia tidak memiliki sumber daya manusia yang memadai," kata Handoko dalam acara virtual peringatan setahun pembentukan BRIN di Jakarta, Kamis.

Handoko menuturkan diperlukan talenta-talenta pembangun untuk mendukung percepatan perubahan mencapai Indonesia maju 2045. SDM Indonesia yang unggul diharapkan dapat mewujudkan lompatan kemajuan dan perubahan bagi Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: BRIN: Brida sebagai pengungkit pertumbuhan ekonomi daerah

Ia mengatakan, dengan potensi pemuda-pemudi Indonesia yang besar terutama dengan adanya bonus demografi khususnya pada tahun 2020-2045, Indonesia akan mampu melakukan percepatan perubahan dan pembangunan khususnya terkait dengan pengembangan teknologi dan pemanfaatan inovasi.

Oleh karena itu, BRIN mengajak seluruh pihak di Indonesia untuk membangun sumber daya manusia Indonesia dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Melalui kegiatan Pekan Pemuda Riset dan Inovasi Nasional yang diadakan BRIN, pemuda-pemudi Indonesia diajak menjadi individu yang kritis sebagai bagian dari pemecah masalah yang ada di tengah masyarakat.

Kemudian, bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), BRIN membangun generasi sains dan talenta muda Indonesia.

Baca juga: BRIN: Penguatan infrastruktur riset tingkatkan daya saing Indonesia

Pemerintah Provinsi NTB melalui Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) saat ini berfokus pada pengembangan SDM ilmu pengetahuan dan teknologi.

Salah satu upaya yang dilakukan Brida NTB adalah mengirim 1.000 mahasiswa untuk dapat melanjutkan studi ke luar negeri melalui program 1.000 Cendikia NTB.

Brida adalah unit baru di daerah yang menangani riset dan inovasi. Pembentukan Brida diinisiasi oleh BRIN. Bahkan saat ini, sejumlah daerah lain sedang membangun Brida masing-masing.

Bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, BRIN melakukan scouting, identifikasi dan pembinaan talenta riset dan inovasi muda melalui berbagai kegiatan kompetisi ilmiah.

Baca juga: BRIN menuju transformasi lebih kuat dan inklusif

Melalui skema itu diharapkan dapat menumbuhkembangkan minat riset di kalangan talenta muda sejak pendidikan dasar hingga perguruan tinggi.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022