Jakarta (ANTARA) - PT Bank Rakyat Indonesia atau BRI melengkapi aplikasi mobile banking BRImo dengan fitur transfer internasional untuk membantu pelajar Indonesia yang bersekolah di luar negeri.

Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis, mengatakan BRI senantiasa mengedepankan customer experience dalam setiap layanan dan memperhatikan kebutuhan masyarakat yang makin beragam, sehingga fitur ini diharapkan dapat memperluas jangkauan BRI dan mempermudah masyarakat di dalam maupun luar negeri.

BRI, lanjut dia, senantiasa menghadirkan terobosan baru melalui Financial Super Apps BRImo yang tentunya akan mempermudah baik pelajar maupun orangtua dalam mengirimkan dana, karena hanya melalui ponsel pintar dan tahapan yang begitu mudah, transfer uang secara internasional sudah bisa dilakukan.

Pengiriman dana yang dilakukan bersumber dari tabungan rupiah yang langsung dikonversi menjadi mata uang asing atau biasa disebut remitansi sesuai yang diinginkan untuk penerima di luar negeri dengan nilai tukar yang lebih murah.

Baca juga: BRI antisipasi transaksi digital capai Rp49,37 kuadriliun di 2022

Menurut Handayani, transformasi digital mendorong perbankan untuk menghadirkan transaksi yang lengkap hanya menggunakan ponsel pintar, sehingga adanya fitur transfer internasional di BRImo diharapkan dapat memenuhi kebutuhan nasabah generasi muda meski sedang jauh dari Tanah Air.

Saat ini fitur tersebut hadir jenis mata uang yang dapat dikirimkan diantaranya dolar AS, yuan, dolar Singapura, yen, baht, dolar Hong Kong, dolar Australia), euro, poundsterling, dan lainnya. 

Tahapan untuk melakukan transaksi kirim uang ke luar negeri pun cukup mudah, nasabah cukup login aplikasi BRImo pilih fitur transfer internasional, pilih negara tujuan, masukkan nominal transfer yang otomatis akan terkonversi dalam mata uang asing, masukkan detail informasi penerima dan pengirim, lalu masukkan PIN dan transaksi selesai.

BRImo adalah aplikasi digital milik BRI yang digunakan seluruh lapisan masyarakat yang sadar akan teknologi. Super Apps tersebut membuat nasabah dapat bertransaksi perbankan dimana saja dan kapan saja.

Sampai Maret 2022 aplikasi BRImo telah diakses lebih dari 16,1 juta pengguna dengan laju transaksi finansial BRImo mencapai 313,88 juta yang tumbuh 238 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Baca juga: BRI tegaskan komitmen permudah layanan dengan transformasi digital



 

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022