Palembang (ANTARA News) - Sebanyak 80 lifter dari sembilan negara di Asia Tenggara mengikuti SEA Games 2011 yang diselenggarakan di Palembang, mulai Jumat (18/11).

Dalam verifikasi yang dilaksanakan di Hotel Swarnadhipa, Palembang, Kamis, dari 80 lifter tersebut 46 lifter putra dan 34 lifter putri.

Kemudian, mereka akan mulai bertanding Jumat dengan menampilkan empat kelas yakni untuk putra 56 kilogram diikuti lima lifter.

Kelas 62 kilogram diikuti enam lifter, kelas 69 kilogram diikuti sembilan lifter dan kelas 77 kilogram diikuti oleh delapan lifter.

Pada tanggal 19 November, masih kategori putra yakni kelas 85 kilogram diikuti enam lifter, kelas 94 -105 kilogram delapan lifter, dan kelas +105 kilogram dengan empat lifter.

Selanjutnya, pada tanggal 20 November akan bertanding lifter putri, kelas 48 kilogram diikuti lima lifter, kelas 53 kilogram sembilan lifter, dan kelas 58 kilogram dengan delapan lifter.

Hari terakhir masih untuk kategori putri di kelas 63 kilogram dengan lima lifter, kelas 69 kilogram empat lifter dan kelas +69 kilogram diikuti tiga lifter.

Ketua Panitia Pertandingan Angkat Besi SEA Games 2011 Sonny Kasiran mengatakan, untuk masing-masing negara jumlah peserta dan distribusi sedang dalam rekapitulasi.

"Yang tidak ikut adalah Kamboja dan Brunai karena mereka belum memiliki federasi angkat besi. Namun, kita akan dorong segera dibentuk apalagi Presiden SEA-WF adalah dari Indonesia yakni Pak Adang Dorojatun Ketua PB PABBSI," katanya.

Dalam technical meeting juga disepakati bahwa jika satu kelas hanya diikuti oleh tiga lifter, maka medalinya hanya dua yakni emas dan perak, serta yang dihitung adalah total angkatan.

Selain technical meeting juga akan dilakukan penjelasan tentang South East Asia Weightlifting Federation (SEA-WF) sekaligus pelantikan presidennya untuk periode 2011-2013.

(T013)

Editor: Imansyah
Copyright © ANTARA 2011