Tarakan (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan (Search And Rescue/SAR) Tarakan, Kalimantan Utara, turut menyiagakan anggotanya untuk membantu pengamanan arus mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

“Siaga SAR khusus ini dilaksanakan tanggal 25 April sampai 10 Mei 2022. Personel Tarakan dan Nunukan sudah siap,” kata Kasi Operasional dan Kesiapsiagaan SAR Tarakan, Dede Hariana di Tarakan, Kamis.

Terkait hal tersebut Basarnas Tarakan menyiagakan 76 personel. Terdiri dari 60 personel di Tarakan dan sisanya di Nunukan.

Petugas memantau di tempat-tempat keramaian seperti di Bandara Internasional Juwata Tarakan, Pelabuhan Malundung, Pelabuhan Tengkayu I (SDF), Pelabuhan Ferry Juwata, Pantai Amal dan area mobilitas lainnya.

Baca juga: Gubernur Kaltara: Tak ada pos penyekatan mudik

Baca juga: Gubernur Kaltara mengapresiasi ASN yang taati larangan mudik


Sementara di Nunukan dilakukan pemantauan di bandara, Pelabuhan Liem Hie Djung, Pelabuhan Tunon Taka dan Pantai Ecing.

Selain itu, Basarnas Tarakan juga memonitor informasi kecelakaan di tiga kabupaten lainnya yakni di Malinau, Bulungan dan Tana Tidung.

Untuk membantu jalannya operasional, Kantor Pencarian dan Pertolongan Tarakan juga menyiagakan peralatan pendukung untuk laut seperti KN SAR Seta 252, RIB, sea reader, rubber boat dan peralatan air.

Sedangkan kesiapan darat seperti rescue dimex, dimex compartment, truk personel, dimex carrier, motor trail dan peralatan darat lainnya.*

Baca juga: Perbatasan Kaltim - Kaltara akan dilakukan penyekatan pemudik

Baca juga: Wagub Kaltara tegaskan agar masyakat tidak mudik

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022