Yogyakarta (ANTARA) - Semua puskesmas di Kota Yogyakarta yang berjumlah 18 unit tetap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat selama cuti bersama Lebaran, termasuk vaksinasi COVID-19, untuk mempercepat capaian vaksinasi di daerah tersebut.

“Tidak ada puskesmas yang tutup selama cuti bersama 29 April-7 Mei, tetapi ada penyesuaian jam layanan. Puskesmas hanya akan tutup saat dua hari libur Lebaran,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani di Yogyakarta, Jumat.

Saat cuti bersama, puskesmas akan memberikan layanan pada pukul 08.00-12.00 WIB pada Senin-Kamis, sedangkan pada Jumat dan Sabtu layanan dibatasi hingga pukul 11.00 WIB.

Selain pelayanan kesehatan, puskesmas juga memberikan layanan vaksinasi dengan jadwal yang sudah ditetapkan yaitu di Puskesmas Tegalrejo pada Jumat (29/4), dilanjutkan ke Puskesmas Kotagede I pada Sabtu (30/4).

Layanan vaksinasi dilanjutkan mulai 4 Mei di Puskesmas Wirobrajan, 5 Mei di Puskesmas Mantrijeron, 6 Mei di Puskesmas Jetis, dan 7 Mei di Puskesmas Gondomanan 2.

Baca juga: Dinkes Bali: UGD Puskesmas di jalur mudik buka 24 jam

Emma menyebut layanan vaksinasi tetap akan dibuka untuk memenuhi kebutuhan masyarakat melakukan perjalanan arus mudik maupun arus balik Lebaran.

“Capaian di Kota Yogyakarta sudah cukup tinggi 76 persen untuk vaksinasi dosis penguat,” katanya.

Layanan vaksinasi untuk pemudik juga akan dibuka di Terminal Giwangan Yogyakarta pada 7 Mei.

“Mungkin masih ada pemudik yang belum melakukan vaksinasi 'booster' (penguat). Maka kami buka di terminal menjelang puncak arus balik,” katanya.

Selain puskesmas, selama cuti bersama juga dilakukan penyesuaian layanan kesehatan di Rumah Sakit Jogja dan Rumah Sakit Pratama. Terhitung mulai 30 April hingga 4 Mei, layanan administrasi dan poliklinik rawat jalan libur.

Pelayanan kesehatan, khususnya kasus kegawatdaruratan, dilayani melalui instalasi gawat darurat (IGD) yang tetap akan buka 24 jam.

Baca juga: Selama Lebaran, Bupati Cianjur intruksikan puskesmas tetap beroperasi
Baca juga: Pemkot Bandung siapkan lima puskesmas layani vaksinasi saat Lebaran
Baca juga: Dinkes: Puskesmas rawat inap buka 24 jam selama libur lebaran

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022