Makassar (ANTARA) -
Mahasiswa dan masyarakat naik ke kendaraan dalam program mudik gratis Pemprov Sulsel hari kedua di Makassar, Jumat(29/4/2022).ANTARA/HO-Pemprov Sulsel
Sebanyak 700 warga dan mahasiswa diberangkatkan dalam layanan mudik gratis Pemprov Sulsel pada hari kedua, di Makassar, Jumat.

“Mahasiswa dan masyarakat umum begitu antusias mengikuti pelaksanaan mudik gratis. Pada hari kedua ini, sekitar 700 pemudik yang diberangkatkan,” kata Plh Kadis Perhubungan Sulsel Aruddini, Jumat.

Baca juga: PT Pegadaian gelar mudik gratis ke tiga kabupaten di Sulsel

Adapun titik kumpul di Terminal Cappa Bungaya untuk pemudik menuju ke arah selatan dan di Kantor Dinas Perhubungan Sulsel untuk pemudik ke wilayah utara.

Dalam mudik gratis ini, inovasi yang digagas oleh Gubernur Andi Sudirman, Dishub Sulsel menyiapkan 20 unit kendaraan terdiri dari 16 unit bus dan empat unit truk. Kendaraan truk ini akan mengangkut kendaraan bermotor bagi pemudik yang ingin membawa kendaraannya.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan siapkan 1.000 Kuota mudik gratis di Sulsel

“Sesuai harapan bapak Gubernur, melalui mudik gratis ini, dapat membantu masyarakat untuk dapat merayakan lebaran idul Fitri bersama sanak keluarga di kampung halaman masing-masing,” ujarnya.

Selain itu, diharapkan dapat mengurangi kemacetan dan mengurangi risiko terjadinya kecelakaan, untuk menciptakan suasana Hari Raya yang aman, nyaman, dan lancar.

Baca juga: Anggota DPR tinjau kesiapan arus mudik Lebaran 2022 di Sulsel

Hadirnya layanan mudik gratis oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mendapat sambutan hangat kalangan mahasiswa. Mereka menganggap, inovasi ini sangat membantu.

Salah satunya, Presiden BEM Universitas Hasanuddin bernama Imam. Ia mengakui, bahwa ini merupakan inovasi yang sangat bermanfaat yang menyasar bagi masyarakat umum.

Baca juga: Polda Sulsel perpanjang masa penyekatan kendaraan hingga 31 Mei

Ini dinilai salah satu inovasi dan bisa jadi percontohan, karena baru ada pertama kali Pemerintah Provinsi yang memfasilitasi teman-teman mahasiswa dan masyarakat umum untuk mudik secara gratis dan difasilitasi secara logistik.

"Jadi menurut saya, ini jadi inovasi percontohan dan kedepannya harapannya kegiatan seperti ini mampu menjaring mahasiswa maupun organisasi,” ujarnya.

Dalam mudik gratis ini, diperkirakan melayani sekitar 1200 orang dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum. Yang akan berangkat pada tanggal 28 hingga 30 April 2022. Untuk rute, diantaranya dari Makassar ke Bone, Soppeng, Wajo, Parepare, Bulukumba hingga Selayar, dan Luwu Timur, serta daerah lainnya di Sulsel.

Baca juga: Pemudik di Makassar pilih jalur tikus hindari penyisiran petugas

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022