Kita harus secara aktif mempromosikan pembangunan keamanan finansial kawasan"
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Perdana Menteri China Wen Jiabao meminta liberalisasi perdagangan dipercepat untuk mengantisipasi tantangan perekomian global.

"Saya mengusulkan kita mengambil beberapa langkah, salah satunya adalah liberalisasi perdagangan di kawasan," kata Wen Jiabao dalam sesi awal KTT ASEAN+3 di Nusa Dua, Bali, Jumat.

KTT ASEAN+3 adalah pertemuan puncak 10 pemimpin negara ASEAN, China, Jepang, dan Korea Selatan.

Wen Jiabao mengatakan, China dan Jepang telah berkomitmen untuk mempercepat proses menuju perdagangan bebas di kawasan Asia Timur. China, katanya, siap mempercepat proses itu dengan tetap menghormati sentralitas ASEAN dan mengakomodasi kepentingan masing-masing.

"Kami mengharapkan dukungan dari berbagai pihak terhadap inisiatif ini," katanya.

Wen Jiabao juga mengusulkan peningkatan kerja sama moneter dan finansial di kawasan.

Menurut dia, prospek perkembangan ekonomi di sepuluh negara ASEAN sangat baik.

Dia menyebut pelaksanaan "Inisiatif Chiang Mai" sebagai salah satu faktor penentu perbaikan perekonomian negara-negara ASEAN.

"Inisiatif Chiang Mai" berlaku efektif pada tanggal 24 Maret 2010 dan mampu meraup kontribusi dari negara-negara ASEAN+3 hingga mencapai 120 miliar dolar AS.

Perjanjian itu memungkinkan negara-negara dalam perjanjian yang mengalami kesulitan likuiditas dapat menerima bantuan likuiditas dengan perhitungan tertentu.

Wen Jiabao juga menyarankan perlunya meningkatan kapasitas pengawasan ekonomi dan penelitian mekanisme perdagangan karena mekanisme yang baik bisa menekan biaya dan waktu perdagangan sehingga mencegah dampak krisis finansial ke kawasan.

"Kita harus secara aktif mempromosikan pembangunan keamanan finansial kawasan dan meningkatkan kapasitas Asia Timur untuk menjaga risiko finansial," katanya.

Wen Jiabao sama sekali tidak menyinggung ketegangan di kawasan Laut China Selatan yang melibatkan China dan empat negara ASEAN; Malaysia, Brunei Darussalam, Vietnam, dan Filipina.

KTT ASEAN+3 diselenggarakan dalam rangkaian KTT ke-19 ASEAN di Nusa Dua, Bali yang akan selesai esok Sabtu (19/11).

F008/A035

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011