Sukabumi (ANTARA News) - Angin puting beliung merusak 73 rumah di Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat sore.

"Dari hasil pendataan kami, sementara ada sedikitnya 73 rumah rusak akibat puting beliung yang terjadi sore tadi," kata Kapolsek Cikidang, AKP Maryadi kepada ANTARA, Jumat.

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya masih menyisir dan mendata rumah yang rusak, tetapi belum ada laporan adanya korban jiwa pada peristiwa ini.

"Untuk sementara korban yang rumahnya rusak diungsikan dahulu ke tetangganya atau saudaranya yang rumahnya tidak rusak atau sementara tinggal di tempat ibadah seperti mushola," tambahnya.

Selain rumah, empat pohon besar pun tumbang akibat bencana angin puting beliung. Peristiwa ini terjadi saat hujan deras disertai angin melanda Kecamatan Cikidang.

Sementara itu Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Usman Susilo mengatakan, pihaknya sudah menurunkan petugasnya ke lapangan untuk mendata rumah-rumah yang rusak akibat bencana tersebut.

"Kami belum mengetahui berapa jumlah pastinya tetapi menurut laporan ada puluhan rumah rusak dan pohon besar yang tumbang," kata Usman.

Sebelumnya, pada 26 Oktober lalu wilayah kecamatan Cikidang Kabupaten Sukabumi juga terkena musibah angin puting beliung.

Ketika itu sedikitnya 29 rumah di dua desa, yakni Desa, Nangka Koneng dan Cicareuh, mengalami kerusakan, tetapi tidak menimbulkan korban jiwa.

Umumnya kerusakan terjadi pada bagian atap rumah.

Pemerintah Kabupaten Sukabumi sudah melakukan imbauan kepada seluruh warga melalui aparat desa, sampai kecamatan dan aparat keamanan agar segera melapor jika terjadi bencana alam agar mereka segera mendapatkan bantuan.

(KR-ADR/T004)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011