Kami berangkat mudik dalam beberapa gelombang sejak 25 April, bahkan ada yang sampai 3 Mei 2022 berangkatnya
Jakarta (ANTARA) - Jalur mudik Kalimalang, Kota Bekasi, Jawa Barat, menjadi titik temu berbagai komunitas perantau di Jabodetabek yang mengagendakan mudik bareng Lebaran 2022 dengan sepeda motor, Jumat malam.

"Kami punya akun grup di Facebook dengan nama 'Komunitas Perantau Lampung'. Anggotanya dari banyak daerah di Jabodetabek. Kami berangkat mudik dalam beberapa gelombang sejak 25 April, bahkan ada yang sampai 3 Mei 2022 berangkatnya," kata pemudik motor Dwi Pangestu Handayani (27) yang dijumpai di GOR Kota Bekasi, Jalan Ahmad Yani, Bekasi Barat.

Buruh asal Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, itu menetapkan GOR Kota Bekasi sebagai titik temu sekitar 60 pemudik bersepeda motor dengan tujuan yang sama ke Lampung.

Dwi berangkat bersama sang suami setelah dua tahun "berpuasa" mudik karena kebijakan larangan dari pemerintah dampak pandemo COVID-19.

"Yang spesial tahun ini kami bisa mudik bareng lagi bersama perantau di Jabodetabek," katanya.

Perjalanan menuju Lampung ditempuh Dwi dan rombongan selama 12 jam melintasi Jakarta, Tangerang hingga sampai di pelabuhan Merak. "Yang lama biasanya saat menunggu kapal," katanya.

GOR Kota Bekasi menjadi titik sentral pertemuan sejumlah komunitas pemudik dari Bogor, Jawa Barat, yang melalui koridor Jalan Siliwangi, Kota Bekasi.

Selain itu, jalur Kalimalang menjadi koridor pemudik dari arah Jakarta dan Tangerang.

"Kebetulan baru tahun ini kita ketemuan langsung untuk pertama kalinya setelah selama pandemi hanya melalui obrolan Whatsapp," kata Karyadi (41) pemudik tujuan Purwakarta.

Ia berangkat bersama tujuh pemudik motor yang tergabung dalam komunitas pesepeda di Bekasi dan Bogor, Jawa Barat.

"Saya baru dapat cuti libur hari ini. Langsung kumpul sama teman-teman pesepada untuk mudik bareng pakai motor. Ada yang ke arah Bandung dan ada juga yang ke Purwakarta," demikian Karyadi.

Baca juga: Kaum buruh tuangkan antusiasme bermudik di kertas karton

Baca juga: Koridor Kalimalang padat imbas peningkatan volume arus mudik

Baca juga: Peningkatan volume kendaraan mulai terjadi di Kalimalang

Baca juga: Kalimalang jadi alternatif mudik saat ganjil genap tol diterapkan



 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022