Jumlah ini meningkat 60 persen dari beberapa hari sebelumnya
Jakarta (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas Polrestro Bekasi Kota menjadikan Jalan Kalimalang, Kota Bekasi, Jawa Barat, sebagai koridor alternatif arus mudik saat terjadi filterisasi ganjil genap di sejumlah gerbang tol Jakarta Cikampek.

"Rekayasa lalu lintas ganjil genap menunggu atensi Dirlantas Polda Metro Jaya dengan melihat situasi di Tol Jakarta-Cikampek," kata Wakil Kasat Lantas Polrestro Bekasi Kota Kompol Ni Ketut Ayu Nurjani di Pospam Bekasi Barat.

Ia mengatakan filterisasi ganjil genap diterapkan di lajur paling kiri GT Bekasi Barat yang mengarah ke Cikampek sebagai upaya menekan volume kendaraan di dalam tol.

Bagi kendaraan yang mengarah ke dalam tol tapi plat nomor kendaraannya tidak sesuai tanggal, akan dialihkan ke jalur arteri menuju Kalimalang via Jalan Ahmad Yani atau Jendral Sudirman, Kota Bekasi.

Baca juga: Peningkatan volume kendaraan mulai terjadi di Kalimalang

Baca juga: Jumlah kendaraan di Kalimalang meningkat 30 persen pada H-4 Lebaran


Jalan Ahmad Yani Kota Bekasi membentang dari Jembatan Layang KH Noer Alie Summarecon hingga Kampus Universitas Islam 45 sekitar 4 kilometer hingga bergabung ke Jalan Kalimalang.

Sedangkan Jalan Sudirman membentang sepanjang 5 kilometer dari Stasiun Bekasi hingga Pasar Baru Bekasi, lalu bergabung ke jalur Kalimalang.

Filterisasi ganjil genap juga berlaku di Gerbang Tol Bekasi Timur, Gerbang Tol Tambun, Gerbang Tol Cibitung, Gerbang Tol Cikarang Barat, Gerbang Tol Cikarang Pusat dan Gerbang Tol Cibatu yang berlaku mulai 28-30 April 2022 mulai pukul 17.00 hingga 00.00 WIB. Khusus pada Sabtu (30/4) berlaku pukul 07.00 hingga 00.00 WIB.

Sementara itu berdasarkan data yang dihimpun dari Pospam Mudik Bekasi Barat dilaporkan hingga pukul 11.00 WIB sebanyak 15 ribu unit kendaraan roda empat dan 21 ribu motor melintasi jalur Kalimalang.

"Jumlah ini meningkat 60 persen dari beberapa hari sebelumnya," katanya.

Baca juga: Pospam Kalimalang terapkan prinsip humanis tindak pelanggar lalin

Baca juga: Jalan Hasibuan Bekasi akan diberlakukan One Way jika terjadi kemacetan

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022