Denpasar (ANTARA News) - Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan bersama puluhan siswa SD melepas sebanyak 200 ekor anak penyu atau tukik ke laut lepas di Pantai Mertasari, Sanur, Denpasar, Sabtu.

"Kami melibatkan puluhan siswa itu dalam kegiatan ini bertujuan mengajarkan kepada anak-anak peserta didik tersebut menjaga dan melestarikan satwa yang dilindungi," kata Zulkifli usai melepas tukik.

Dia menjelaskan, salah satu satwa yang harus dilindungi adalah penyu yang populasinya selalu terancam akibat aksi penjualan ilegal dan pembunuhan untuk dikonsumsi.

Menurut Zulkifli, salah satu upaya mencegah aksi-aksi tersebut adalah dengan memberikan penjelasan kepada generasi penerus sejak dini, supaya mereka tidak melakukan hal itu.

Selain itu, tambah dia, sekaligus mengajak mereka untuk mencintai dan melestarikan lingkungan yang menjadi habitat atau tempat tinggal para satwa.

"Semoga saja dengan pemberian pendidikan secara dini mengenai hal itu dapat mengubah budaya masyarakat di Indonesia untuk selalu menjaga satwa yang dilindungi," ujarnya.

Zulkifli mengatakan, selain itu, pihaknya berharap upaya perlindungan dan pelestarian satwa ini bisa dimasukkan pada kurikulum sekolah tingkat siswa TK dan SD.

Menurut dia, pelepasan tukik ini juga sekaligus guna menarik minat wisatawan mancanegara dan domestik di kawasan wisata itu.

"Mengenai populasi penyu di wilayah Tanah Air, kami tidak bisa memastikannya karena satwa itu sering bermigrasi," ujarnya.

Berdasarkan informasi diperolehnya, diperkirakan populasi penyu di Pulau Dewata akan terus bertambah karena terdapat cukup banyak tempat penangkaran hewan tersebut.(ANT)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011