Jakarta (ANTARA News) - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) himpun donasi Rp300 juta untuk mendukung pelestarian penyu di lima konservasi penyu di Indonesia.

"Donasi ini akan disumbangkan ke konservasi penyu Ujung Genteng Sukabumi, Jawa Barat; Way Tembulih Lampung; Pantai Rancak Bali; Alas Purwo Banyuwangi Jawa Timur; dan Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur," kata Kepala Divisi Pelayanan Konsumen Daihatsu, Elvina Afny, dalam kegiatan "All New Xenia Race for Turtle Saviour" di Jakarta, Sabtu (19/11).

Elvina mengatakan dukungan terhadap penyu dilatarbelakangi keberadaan hewan asli Indonesia itu yang semakin langka sejak 2008.

"Donasi tersebut berasal dari para karyawan, sembilan klub pengguna Daihatsu, serta karyawan dan perusahaan grup Astra lain," kata Elvina.

Sembilan klub tersebut, menurut Elvina, yaitu Avanza Xenia Indonesia Club (AXIC), Terios Rush Club Indonesia (TERUCI), Daihatsu Taruna Club (DTC), Ceria Club Indonesia (CCI), Gran Max Luxio Club (MAXXIO), Zebra Club (ZEC), Classy Winner Indonesia Club (CWINDO), Sirion Indonesia Club (SIC), dan Taruna Owners (TO).

Pihak ADM menyerahkan donasi pelestarian penyu kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan yang diwakili Kasubdit Konservasi Kawasan, Direktorat Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Riyanto Basuki.

Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra, mengatakan Daihatsu mengapresiasi partisipasi donatur yang telah mendukung pelestarian penyu dengan kegiatan "Turtle Water Race".

"Dalam Kegiatan itu, 48 donatur terpilih akan memenangkan kunjungan ke area konservasi pelestarian penyu di Pulau Serangan, Bali," kata Amelia.

Amelia mengatakan selain kegiatan apresiasi donatur, ADM juga mengadakan Uji Berkendara (Test Drive) produk terbaru Daihatsu yaitu All New Xenia.

"Uji coba ini untuk memberikan pengalaman berkendara pertama kepada para pelanggan setia yang juga anggota klub Daihatsu," kata Amelia.
(SDP-16)

Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011