Banda Aceh (ANTARA) - Pemerhati musik Indonesia Marzuki Abdullah mengemukakan bahwa musik sufi bisa membangun silaturrahmi dan merekatkan hubungan antar masyarakat Aceh.

"Bila seni musik sufi ini sudah mulai tertanam dalam kehidupan masyarakat Aceh maka rasa silaturrahmi juga ikut tertanam secara sendirinya," katanya dalam acara pembukaan Festival Musik Sufi Internasional di Banda Aceh, Sabtu.

Acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, Wakil Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa`aduddin Djamal dan staf ahli Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Menurut dia, selama ini musik sufi juga berpengaruh terhadap perkembangan Islam di Aceh. Misalnya, tari seudati, tari saman dan rapa`i merupakan contoh kecil yang memiliki hubungan dengan seni musik sufi.

"Di Aceh musik sufi sudah ada sejak zaman dulu bahkan banyak ulama-ulama Aceh melakukan pendekatan diri dengan sang khalik melalui seni sufi," kata dia.

Gubernur Aceh Irwandi yusuf mengungkapkan bahwa seni musik sufi telah lama dikenal oleh masyarakat Aceh bahkan di masa lalu ulama-ulama Aceh mendekatkan diri lewat seni sufi.

(ANT/286)



Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011