Tiket penonton kami ganti dengan wajib berbelanja produk UMKM
Banyuwangi, Jatim (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, memberdayakan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui ajang Beach Jazz Festival 2023 dalam rangka memperingati Hari Jadi Banyuwangi Ke-252.

Dalam festival musik jazz, yang akan digelar di Pantai Marina Boom, Banyuwangi, pada 17 Desember 2023 ini, masyarakat bisa mendapatkan tiket dengan cara berbelanja produk UMKM khas Banyuwangi minimal senilai Rp100.000.

"Pada prinsipnya dalam event ini Pemkab Banyuwangi tidak menarik keuntungan. Kami ingin ini menjadi pesta rakyat, namun tetap berdampak pada pelaku ekonomi mikro. Sehingga tiket penonton kami ganti dengan wajib berbelanja produk UMKM," ujar Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di Banyuwangi, Jatim, Jumat.

Ia menjelaskan bahwa konsep ini bertujuan untuk memberdayakan UMKM di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu agar mendapat berkah dari gelaran festival musik jazz di pantai tersebut.

"Tahun ini konsep Banyuwangi Beach Jazz Festival berbeda dengan sebelumnya, untuk menikmati festival musik jazz tiketnya bisa didapatkan melalui Smart Kampung Apps di Play Store atau App Store, dengan membeli tiket voucher belanja UMKM senilai Rp100.000," ujar Ipuk.

Voucher tersebut nantinya ditukarkan saat pelaksanaan festival musik jazz dengan berbelanja produk UMKM.

Tercatat ada ribuan UMKM Banyuwangi yang terlibat dalam Banyuwangi Beach Jazz Festival. Selain voucher belanja UMKM saat pelaksanaan, untuk mendapat tiket juga ada skema belanja di BobaWangi, yang merupakan marketplace UMKM milik Pemkab Banyuwangi. Di BobaWangi terdapat sekitar 800 produk UMKM.

Banyuwangi Beach Jazz Festival 2023 menghadirkan berbagai artis yang digemari anak muda saat ini, mulai dari Ghea Indrawari, Nadin Amizah, dan Yovie and Nuno.

Festival musik jazz pantai telah menjadi ikon pertunjukan musik nasional yang dihelat di Banyuwangi sejak 2013.

Jazz pantai menawarkan musik dengan berlatar belakang Selat Bali. Konser ini akan memadukan alunan jazz dan deburan ombak serta keindahan pantai.

Baca juga: Pemkab Banyuwangi fasilitasi sertifikasi halal gratis bagi seribu UMKM
Baca juga: Jazz Pantai Banyuwangi undang Kla Project
Baca juga: Banyuwangi gelar Festival Jaz Pantai akhir pekan ini

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023