supaya lebih aman dan lancar
Indramayu (ANTARA) - Satuan Karya Pramuka Bhayangkara membantu Polsek Jatibarang melancarkan arus mudik di sekitar Jatibarang, Indramayu, Jawa Barat.

“Untuk kami dari Satuan Karya Pramuka Bhayangkara Polsek Jatibarang, sesuai dengan jadwal yang ada bahwa kita mulai tugas dari sejak tanggal 28 April,” kata Hasanudin selaku Pembina Pramuka saat dijumpai di Jatibarang, Sabtu.

“Kebanyakan kita itu perekrutan Saka Bhayangkara itu dari sekolah-sekolah yang ada di wilayah Jatibarang. Tapi kalau personilnya ada yang dari luar Jatibarang,” sambungnya.

Lebih lanjut, Hasanudin menjelaskan bahwa tim dari Saka Bhayangkara dibagi menjadi dua regu untuk ditempatkan di Bundaran Pilangsari dan Stasiun Jatibarang.

Saka Bhayangkara Jatibarang (ANTARA/Lifia Mawaddah Putri)

“Untuk per orangnya setiap hari ada 10 anggota, dibagi dua. Jadi di sini 5. Tapi tidak berikut pembinanya. Kalau pembinanya per tempat itu ada 2 orang,” jelas Hasanudin.

Hasanudin mengatakan, pihaknya bertugas untuk membantu masyarakat untuk melaksanakan mudik agar lebih aman.

Sebelumnya, Saka Bhayangkara Jatibarang memang rutin melakukan kegiatan ini bersama Polsek Jatibarang. Namun, dua tahun terakhir kegiatan ini sempat ditiadakan karena adanya pandemi COVID-19. Sehingga, kegiatan ini pun baru kembali dilaksanakan tahun ini.

“Di sini membantu sesuai dengan kiprah kita dalam kepramukaan yakni membantu saudara-saudara kita dalam melaksanakan mudik. Kegiatannya ya mengatur lalin, membantu, kemudian kalau di Stasiun Jatibarang juga sama untuk para pemudik supaya lebih aman dan lancar,” ujar Hasanudin.

“Sebenarnya sudah lama di Polsek Jatibarang itu sudah tiap tahun rutin. Cuma karena tahun-tahun kemarin kan ada pandemi dan arus mudik juga tidak diberlakukan. Kemungkinan sampai arus mudik. Tapi di bagi. Jadi yang kebagian setelah Lebaran, habis silaturahmi nanti gabung lagi di sini,” tutupnya.

Baca juga: Jalur pantura Cirebon arah Jakarta Sabtu pagi lancar

Baca juga: Lima aneka oleh-oleh camilan khas Cirebon, kerupuk hingga minuman

Baca juga: PT KAI Daop 3 Cirebon sediakan vaksin gratis serta layanan Antigen


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022