Ambon (ANTARA) - Kepala Seksi Humas Kepolisian Resor Kota (Polresta) Ambon Ipda Moyo Utomo menyampaikan bahwa kepolisian melakukan penyekatan di lima titik di Kota Ambon untuk mencegah terjadinya bentrok antarwarga saat malam takbiran Idul Fitri 1443 Hijriah.

Lima titik penyekatan tersebut, yakni di kawasan Poka, Galala, Batu Merah, Rehobot, dan depan Masjid Raya Al-Fatah Kota Ambon.

“Kita akan melakukan penyekatan lima titik di Ambon, jadi saya minta alangkah baiknya malam takbiran dirayakan di masing-masing masjid terdekat saja,” katanya, di Ambon, Minggu.

Baca juga: Kapolda Maluku sebut Operasi Ketupat Salawaku 2022 amankan titik rawan

Ia berharap masyarakat tidak menggelar takbiran dengan pawai kendaraan bermotor karena sangat berbahaya jika terjadi kecelakaan.

Ia menyebutkan aparat Polresta Ambon akan menerjunkan sebanyak 761 pasukan untuk mengamankan malam takbiran di Ambon.

“Pasukan tersebut ditempatkan di pos pengamanan yang telah disiapkan,” ujarnya.

Baca juga: Gubernur: Tidak ada penyekatan di jalur mudik di Maluku
Baca juga: Polda Maluku salurkan bantuan 2.000 paket sembako


Diketahui, Kapolda Maluku Irjen Pol. Lotharia Latif sebelumnya telah mengimbau seluruh masyarakat untuk tidak melakukan takbiran keliling dengan menggunakan kendaraan bermotor karena dapat membahayakan keselamatan bila terjadi kecelakaan lalu lintas.

Ia meminta masyarakat agar bersama-bersama menjaga kamtibmas agar kondusif. "Bagi warga yang akan melaksanakan perjalanan mudik agar memperhatikan keamanan, keselamatan, dan kesehatan," paparnya.

 

 

Pewarta: Winda Herman
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022