Bogor (ANTARA News) - Hari terakhir pertandingan SEA Games 2011 cabang paralayang ditutup dengan pelaksanaan pertandingan lintas alam (cross country) untuk kategori jarak terbuka (open distance).

Pertandingan dimulai pukul 13.20 WIB, setelah tim pemantau cuaca memastikan kondisi cuaca layak untuk dilakukan pertandingan.

Sebanyak 43 atlet dari lima negara bertarung dikesempatan terakhir mereka merebut 8 medali yang tersisa, setelah 4 mendali emas untuk ketepatan mendarat disapu atlet Indonesia.

"Hari ini kita menggelar babak ke dua untuk nomor lintas alam. Cuaca cukup mendukung, sehingga pertandingan ini valid digelar sampai akhir," kata Panitia Penyelenggara Pertandingan SEA Games 2011 cabang paralayang, Jimmy Leowandy, kepada antaranews, disela-sela pertandingan, Senin.

Jimmy mengatakan, hari ini merupakan pertandingan penutup untuk cabang paralayang.

Upacara penutupan pertandingan sekaligus penyerahan mendali akan dilakukan Senin malam pukul 19.00 WIB di Hotel Royal Safari Garden, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Jimmy bersyukur pelaksanaan pertandingan SEA Games 2011 cabang paralayang di Bukit Naringgul, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor berlangsung sukses.

Pertandingan yang berlangsung mulai dari Minggu (13/11) dan berakhir Senin (21/11) ini dilaksanakan tiga nomor pertandingan yakni ketepatan mendarat (accurasi), lintas alam (cross country) untuk jarak terbuka (open distance) dan jarak terbatas (race to goal).

Nomor ketepatan mendarat berhasil dilaksanakan sebanyak tujuh babak dengan hasil Indonesia memboyong empat emas yang tersedia.

Sedangkan untuk nomor lintas alam jarak terbatas, dilaksanakan sebanyak dua babak. Dimana Indonesia dan Thailand mendominasi urutan pertama dan kedua.

"Empat emas di nomor ketepatan mendarat sudah ditangan Indonesia. Kemungkinan, satu emas lagi untuk lintas alam open distance akan diraih Indonesia," kata Jimmy.

Jimmy mengatakan, untuk nomor lintas alam jarak terbatas baru akan diketahui nanti sore, setelah seluruh nilai atlet dicatat oleh juri.

Sementara itu, untuk upacara penutupan dan penyerahan mendali yang awalnya direncanakan Selasa (22/11) dilakukan lebih awal karena pertimbangan.

"Untuk lebih sinkron saja dengan cabang pertandingan lainnya. Karena Selasa itukan penutupan resmi SEA Games, jadi biar lebih efisiensi, karena pertandingan sudah valid," kata Jimmy.

Pertandingan terakhir ditutup pukul 15.20 WIB, dimana seluruh atlet telah melakukan tugasnya terbang di nomor lintas alam.

Pertandingan paralayang memperebutkan 12 mendali emas, dimana empat mendali emas telah dikantongi timnas Indonesia.

Upacara penutupan dan penyerahan mendali akan dihadiri Deputi I INASOC dan jajaran pengurus FASI serta seluruh atlet.

(KR-LR)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011