Bandung (ANTARA) - Masyarakat di Kota Bandung, Jawa Barat, menggelar Salat Idul Fitri 1443 Hijriah di berbagai titik, pada Senin (2/5), mulai dari Masjid Raya Bandung, Jalan Dalemkaum yang jamaah meluber ke Alun-Alun Bandung, hingga di ruas Jalan Cihampelas.

Seorang warga asal Lengkong, Rizki Hasan (31) mengaku memilih melaksanakan ibadah setahun sekali tersebut di alun-alun karena ingin merasakan suasana Idul Fitri sebelum adanya pandemi.

Adapun Alun-alun Bandung selama dua tahun sebelumnya memang ditutup oleh Pemerintah Kota Bandung guna mengantisipasi adanya penularan COVID-19 di pusat keramaian tersebut.

"Saya dari rumah jalan aja, sama keluarga ke sini. Dari dulu memang suka shalat di sini," kata Rizki.

Baca juga: Menteri BUMN Erick Thohir Shalat Idul Fitri di Masjid At-Thohir

Baca juga: Sejumlah tokoh politik tunaikan Shalat Idul Fitri di JIS


Selain itu, ia memilih shalat di tempat tersebut karena sekaligus menjadi tempat bermain bagi anaknya. Dia pun berharap situasi kembali normal Alun-Alun Bandung kembali dibuka untuk masyarakat.

Selain itu, Nazmi Abdurahman (30) warga asal Ujungberung memilih mengikuti Shalat Idul Fitri di Lapangan Gasibu. Dia datang ke Gasibu bersama dengan istrinya menggunakan kendaraan pribadi.

"Iya, saya milih shalat di sini, tahu dari berita-berita sekarang sudah boleh shalat di sini, dan juga ingin bertemu dengan Pak Gubernur (Ridwan Kamil)," kata Nazmi.

Adapun pelaksanaan Shalat Idul Fitri di Lapangan Gasibu dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beserta istrinya Atalia Kamil, dan Sekretaris Daerah Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja.

Selain di pusat-pusat kota tersebut, warga di Jalan Cihampelas pun menggelar Shalat Idul Fitri di tengah jalan. Warga di lokasi tersebut menutup jalan mulai dari depan SPBU Cihampelas, hingga ke depan SMAN 2 Bandung.
Warga melaksanakan Shalat Idul Fitri di tengah Jalan Cihampelas, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (2/5/2022). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)


Achmad Nugraha (29) warga di lokasi tersebut mengatakan persiapan Shalat Idul Fitri di lokasi tersebut sejak pukul 05.00 WIB. Menurutnya penutupan Jalan Cihampelas untuk Shalat Idul Fitri sudah dikoordinasikan dengan kepolisian.

"Ini pertama kali lagi Salat Idul Fitri di jalan raya, kata orang tua dulu pernah juga shalat di jalan raya, tapi udah lama banget," kata Nugraha.

Biasanya, kata dia, Salat Idul Fitri di kawasan itu digelar di Lapangan SMAN 2 Bandung. Namun, karena adanya pandemi, Shalat Idul Fitri ditiadakan di lokasi itu.

"Saat COVID-19 itu nggak ada shalat di sini, tapi setelah bisa lagi, lokasi shalat pindah ke jalan kaya sekarang ini," kata dia.*

Baca juga: Khatib: Idul Fitri momentum dekatkan diri kepada Allah SWT

Baca juga: Khatib: Ramadhan mengajarkan kontinuitas kesalehan

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022