Jakarta (ANTARA) - Berikut adalah sejumlah berita humaniora kemarin (2/5) yang menarik perhatian pembaca dan layak untuk dibaca pagi ini, di antaranya Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana Shalat Id di halaman Gedung Agung.

Kemudian, berita tentang Masjid Istiqlal penuh sesak saat pelaksanaan Shalat Id, dan penerima vaksinasi COVID-19 dosis ketiga bertambah.

1. Presiden Jokowi beserta Ibu Iriana Shalat Id di halaman Gedung Agung

Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana menunaikan Shalat Idul Fitri 1433 Hijriah di halaman Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, Senin.

Shalat Idul Fitri diselenggarakan secara terbatas dan diikuti oleh perangkat kepresidenan, Pasukan Pengamanan Presiden, dan keluarga pegawai Istana Yogyakarta, demikian keterangan resmi Biro Pers Sekretariat Presiden, Senin.

Baca juga: Presiden Jokowi beserta Ibu Iriana Shalat Id di halaman Gedung Agung

2. Ridwan Kamil: Shalat Id di Lapangan Gasibu pecahkan rekor

Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil menuturkan pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah di Lapangan Gasibu Kota Bandung, Senin, memecahkan rekor dengan jumlah jamaah yang hampir memenuhi lapangan itu.

"Ini adalah rekor, rekor penuhnya Lapangan Gasibu oleh jamaah, oleh orang-orang yang datang untuk menyucikan jiwanya. Alhamdulillah padat sekali di sini," kata dia saat memberikan sambutan sebelum melaksanakan Shalat Id di tempat itu.

Baca juga: Ridwan Kamil: Persoalan rest area jadi evaluasi mudik 2022

3. Penuh sesak, Masjid Istiqlal saat pelaksanaan Shalat Id

Masjid Istiqlal Jakarta kembali dibuka bagi masyarakat untuk menggelar Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah setelah dalam dua tahun terakhir tak menggelar shalat id berjamaah imbas pandemi COVID-19, bahkan jamaah penuh sesak untuk bisa masuk.

Sejak pukul 04.00 WIB jamaah mulai berdatangan ke masjid kebanggaan masyarakat Indonesia tersebut. Bahkan, hingga pukul 06.00 WIB, parkir kendaraan sudah hampir sampai area Posblok Pasar Baru.

Baca juga: Penuh sesak, Masjid Istiqlal saat pelaksanaan Shalat Id

4. Menaker: May Day momentum untuk tingkatkan sinergi pemerintah-pekerja

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan peringatan May Day/Hari Buruh 2022 jadi momentum untuk meningkatkan solidaritas dan sinergi antara pemerintah dan pekerja apalagi berdekatan dengan hari raya Idul Fitri.

"Alhamdulillah, peringatan May Day yang dilaksanakan setiap tahun semakin semarak. Saya menghimbau para pengusaha agar memberikan dukungan kepada pekerja/buruh untuk memperingati May Day dengan kegiatan positif," ujar Ida dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Baca juga: Menaker: May Day momentum untuk tingkatkan sinergi pemerintah-pekerja

5. 40,18 juta warga RI telah mendapat vaksinasi COVID-19 dosis ketiga

Kementerian Kesehatan melaporkan penduduk Indonesia yang telah menerima vaksinasi COVID-19 dosis ketiga (penguat) sudah mencapai 40.181.376 jiwa atau mengalami penambahan 486.730 orang pada Senin hingga pukul 12.00 WIB.

Data resmi yang diterima di Jakarta, Senin, juga menyebutkan 165.376.991 jiwa mendapat vaksin dosis kedua. Terdapat penambahan sebanyak 146.931 jiwa yang mendapat vaksin dosis kedua pada Senin.

Baca juga: 40,18 juta warga RI telah mendapat vaksinasi COVID-19 dosis ketiga

6. Presiden ingatkan pendidikan tak boleh terabaikan dalam situasi apapun

Presiden Joko Widodo mengingatkan agar pendidikan tidak boleh terabaikan dalam situasi apapun, termasuk berbagai ketidakpastian yang saat ini mengancam dunia karena krisis, pandemi, dan perang.

"Dunia tengah didera ketidakpastian oleh krisis, pandemi, atau perang, tapi pendidikan anak-anak kita tak boleh terabaikan," cuit Presiden dalam akun Twitter resminya, @jokowi, pada Senin, memperingati Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2022.

Baca juga: Presiden ingatkan pendidikan tak boleh terabaikan dalam situasi apapun

7. Sejumlah provinsi berpotensi diguyur hujan saat perayaan lebaran 2022

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat untuk waspada akan potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di sejumlah provinsi saat perayaan Hari Raya Idul Fitri/Lebaran 2022, Senin.

Dalam sistem peringatan dini cuaca, BMKG memprakirakan wilayah yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang seperti di Aceh, Bali, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta.

Baca juga: Sejumlah provinsi berpotensi diguyur hujan saat perayaan lebaran 2022

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022