Jakarta (ANTARA) - Volume kargo yang diangkut menggunakan kereta barang di China naik 10,1 persen secara tahunan (year on year/yoy) dan mencapai rekor tertinggi pada April 2022, menurut data dari China State Railway Group Co., Ltd. (China Railway).

Sebanyak 330 juta ton kargo diangkut menggunakan kereta di China pada periode tersebut, 30,18 juta ton lebih banyak dibandingkan periode yang sama tahun lalu, kata perusahaan tersebut.

Menyinggung kuatnya permintaan untuk transportasi kargo kereta pada bulan lalu, seorang pejabat China Railway mengatakan bahwa jalur kereta China mendirikan jalur hijau untuk mengangkut pasokan anti-COVID-19, bahan pertanian, dan batu bara.

Selama periode tersebut, total 6,03 juta ton pasokan pertanian seperti pupuk kimia dan benih diangkut, melonjak 47,6 persen (yoy).

Batu bara untuk pembangkit listrik yang diangkut menggunakan kereta mencapai 110 juta ton bulan lalu, naik 12,1 persen (yoy) dan menjamin simpanan batu bara di 363 pembangkit listrik untuk 28,6 hari.

Transportasi kargo melalui Koridor Perdagangan Darat-Laut Internasional Baru meningkat 19,6 persen menjadi 63.000 TEU (twenty-foot equivalent unit) peti kemas pada April. Jalur Kereta China-Laos tersebut mengangkut 132.000 ton barang baik untuk impor maupun ekspor.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022