Pangkalpinang (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan tujuh kabupaten/kota di Babel nihil penambahan kasus COVID-19 harian sehingga total pasien terpapar virus corona aktif tersisa empat orang.

"Alhamdulillah, selama Lebaran Idul Fitri tahun ini tidak ada penambahan kasus orang terpapar COVID-19," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Rabu.

Berdasarkan data kasus COVID-19 harian terbaru, kasus COVID-19 nihil, pasien sembuh dari COVID-19 bertambah 6 orang, pasien meninggal akibat virus corona ini juga nihil.

"Dengan bertambahnya pasien sembuh dari COVID-19 ini, maka pasien COVID-19 yang masih menjalani isolasi tersisa 4 orang," katanya.

Baca juga: 83,97 persen masyarakat Babel sudah divaksinasi dosis 1 COVID-19

Baca juga: Kasus COVID-19 di Babel berkurang 6.421 orang


Ia merinci empat orang pasien COVID-19 aktif yang masih menjalani isolasi tersebar di Kabupaten Bangka 2, Kota Pangkalpinang dan Bangka Tengah masing-masing 1 orang pasien.

"Hari ini empat kabupaten yaitu Bangka Tengah, Bangka Barat, Belitung dan Belitung Timur tidak ada pasien COVID-19 aktif," katanya.

Menurut dia, setiap kali melakukan interaksi sosial diminta masyarakat selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan COVID-19, "Maskerku melindungi kamu, maskermu melindungi aku. Kita saling melindungi".

"Kami tak bosan-bosannya mengajak, mari kita selalu mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta tetap membiasakan prokes dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Ia mengimbau masyarakat untuk selalu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir atau penyanitasi tangan (hand sanitizer), mengurangi mobilitas yang tidak perlu, menghindari kerumunan yang berpotensi menyebabkan penularan dan menghindari makan bersama di keramaian dan ruang tertutup.

"Kita jangan abai apalagi menyepelekan COVID-19 karena sudah banyak korban terpapar, yang sembuh dan kembali sehat pun juga banyak, namun tidak sedikit yang kemudian tak tertolong dan berujung kepada kematian/meninggal dunia," katanya.*

Baca juga: Satgas: Kabupaten/kota di Babel nihil tambahan kasus COVID-19

Baca juga: Pasien COVID-19 di Babel bertambah dua jadi 23 orang

Pewarta: Aprionis
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022