Jakarta (ANTARA News) - PT Bank Mandiri Tbk berencana memperbesar porsi akuisisi saham di bidang ritel pada 2012, dan itu sesuai dengan Rencana Kerja Dan Anggaran Perusahaan (RKAP) perseroan untuk tahun depan.

Hal itu disampaikan Direktur Keuangan Bank Mandiri, Pahala N. Mansyuri, saat ditemui di Jakarta, Rabu.

"Sesuai dengan RKAP 2012, rencana itu ada dan dari RBB (Rencana Bisnis Bank) tetap kita masukkan. Tapi nanti tergantung dari penyesuaian dengan yang kita lakukan dan cocok untuk alasan strategis dengan kondisi keuangan kita," kata Pahala.

Pahala menjelaskan rencana akuisisi tersebut selalu ada dan sesuai dengan rencana untuk tumbuh secara anorganik.

"Kita lihat lebih ke bank. Tapi untuk `size`-nya belum tahu, sebab tergantung target yang cocoknya bagaimana," ujar Pahala.

Ia mengemukakan bahwa saham yang jadi incaran perseroan saat ini adalah khusus di sektor ritel mikro atau usaha kecil. "Lebih kepada kedua sektor itulah," ujarnya.

Meski merencanakan akuisisi saham, ia mengemukakan, sejauh ini Bank Mandiri memastikan tidak akan ada transaksi peningkatan ekuitas pada tahun depan. "Kita tidak ada rencana untuk transaksi peningkatan ekuitas tahun depan," ujarnya.

Porsi kredit Bank Mandiri tahun ini telah mencapai 28,5 persen, sedangkan untuk 2012 menargetkan naik menjadi 31 hingga 32 persen.
(T.KR-IAZ)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011