Singapura (ANTARA News/AFP) - Nilai tukar mata uang Euro melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di perdagangan Asia pada Rabu, di tengah kekhawatiran Prancis menghadapi penurunan peringkat kredit dan setelah seorang pejabat Yunani memperingatkan negara itu mendekati kehabisan uang tunai.

Euro merosot menjadi 1,3463 dolar AS dalam perdagangan  dibandingkan dengan 1,3518 dolar AS di Wall Street akhir Selasa, sementara mata uang Uni Eropa itu diperdagangkan pada 103,72 yen dari 103,71 yen. Dolar AS (Greenback) berada di 77,03 yen dari 76,97 yen.

Pasar keuangan Jepang pada Rabu ditutup untuk liburan.

Pedagang melarikan diri dari euro ke tempat berlindung yang aman (safe-haven) menghadapi dolar setelah pejabat pemerintah Yunani  mengatakan bahwa akan kehabisan uang dalam waktu kurang dari tiga minggu, demikian pendapat para analis keuangan.

"Seorang pejabat senior pemerintah Yunani mengatakan bahwa mereka memiliki cukup uang untuk 20 hari lagi," kata Shawn Lim, seorang dealer valas Phillip Futures di Singapura.

Pejabat itu juga memperingatkan bahwa Athena akan gagal bayar (default), jika politisi menghalang delapan miliar euro tahapan pinjaman dari Uni Eropa dengan menolak untuk kembali ke reformasi yang disepakati.

Lembaga pemeringkat ekonomi perbankan, Moody`s, menilai bahwa peringkat kredit AAA Prancis berada dalam bahaya, perlambatan pertumbuhan dan krisis zona euro. "Menekan euro saat ini," katanya kepada AFP.

Kepala lembaga yang mengelola utang pemerintah Prancis pada Selasa (21/11) mengakui bahwa negara itu "tidak dalam posisi terbaik" dibandingkan dengan negara-negara zona euro lainnya dengan rating kredit teratas.

Oleh karena gejolak di Yunani mengancam negara-negara zona euro lainnya, maka Prancis berjuang mati-matian untuk mempertahankan status kredit, memangkas pengeluaran dan pengetatan di penerimaan pajak dalam upaya untuk menstabilkan keuangan publik yang tegang.

Joerg Zeuner, kepala ekonom untuk Liechtenstein VP Bank pada Rabu mengatakan, euro akan tetap volatil terhadap dolar AS dalam waktu dekat, tetapi tindakan oleh Bank Sentral Eropa (ECB) akan menjaga euro dari kemerosotan lebih jauh.

"Biasanya apa yang kita lihat selama beberapa minggu terakhir, atau bulan, akan berlanjut. Euro akan berfluktuasi terhadap dolar AS di suatu tempat antara 1,30 dan 1,40 dolar AS tergantung pada apa sentimennya," katanya dalam jumpa pers di Singapura.

Dolar AS relatif lebih kuat terhadap mata uang Asia. Nilai tukar dolar AS meningkat menjadi 1.150,89 won Korea Selatan dari 1.146,90 won pada Selasa, menjadi 1,3051 dolar Singapura dari 1,3017 dolar Singapura, menjadi 31,28 baht Thailand dari 31,18 baht dan menjadi 30,37 dolar Taiwan dari 30,31 dolar Taiwan.

Namun, dolar AS (greenback) jatuh menjadi Rp9.050,00 di Indonesia dari nilai sebelumnya Rp9.115,00 rupiah ,dan menjadi 43,25 peso Filipina dari 43,33 peso.
(Uu.A026/A027)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011