Jakarta (ANTARA News) - Atlet nasional Triyaningsih yang sukses merebut tiga medali emas pada SEA Games 2011 di Jakarta dan Palembang, 11-22 November lalu akan menggunakan bonus dari pemerintah untuk keperluan orangtuanya.

Sesuai dengan ketentuan dari pemerintah, atlet yang sukses merebut medali emas lari 5.000 meter, 10.000 meter dan maraton (42,195 km) akan mendapatkan bonus masing-masing medali emas Rp200 juta. Dengan demikian atlet kelahiran Semarang 15 Mei 1987 itu mendapatkan total bonus Rp600 juta.

"Bonus ini untuk membahagiakan orang tua. Mau kemana silahkan. Tapi saya mau tanya dulu ke orang tua pengennya apa?" katanya usai menerima bonus dari pemerintah di Gedung Serba Guna Senayan Jakarta bersama dengan atlet peraih mendali yang lain.

Triyaningsih mengaku, ada beberapa keinginan dari orang tuannya yaitu menjalankan ibadah umroh dan naik haji. Dengan bonus yang diterima ini, pihaknya berharap menentukan apa yang akan diinginkan karena biaya yang dibutuhkan telah didapatkan.

Ditanya apa agendanya setelah memperkuat timnas Merah Putih pada ajang SEA Games 2011, Triyaningsih belum bisa menjelaskan dengan pasti. Menurut dia, meski belum ada agenga terjadwal dirinya akan terus latihan karena sebentar lagi akan turun dibeberapa kejuaraan yang diharapkan bisa membawa dirinya lolos kualifikasi Olimpiade 2012 di London Inggris.

"Tapi, sebelum latihan rutin saya akan konsentrasi pada penyembuhan cedera dulu. Kaki kanan saya masih belum sembut total," kata anak pasangan Alm Saderi dan Ngatiyatni itu.

Rencannya, kata dia, latihan rutin akan tetap dilakukan di Salatiga Jawa Tengah. Hanya saja untuk materi latihan tergantung dari arahan pelatih. Sebelum pertandingan, latihan yang dijalani adalah lari 20 km per hari dan satu hari diantaranya 30 km per hari.

Sementara itu atlet balap sepeda yang juga mampu merebut tiga emas dan satu perunggu SEA Games 2011, Uyun Muzizah mengaku belum mempunyai rencana apapun terkait kegunaan bonus yang diberikan oleh pemerintah sebesar Rp630 juta.

"Saya belum memikirkan untuk apa. Sementara ditabung dulu. Yang jelas setelah ini saya akan langsung pulang menemui keluarga," katanya usai menerima bonus oleh pemerintah.

Indonesia selaku tuan rumah SEA Games XXVI mampu menjadi juara umum dengan mengumpulkan 182 emas, 151 perak dan 142 perunggu. Diposisi dua diduduki Thailand dengan 109 emas, 100 perak dan 120 perunggu, sedangkan posisi tiga Vietnam dengan 96 emas, 92 perak dan 100 perunggu.

(ANTARA)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011