vaksinasi bagi wisatawan yang akan memasuki objek wisata dan belum mendapatkan vaksinasi baik dosis pertama, kedua maupun dosis penguat
Banjarnegara (ANTARA) - Kepolisian Resor Banjarnegara, Jawa Tengah, membuka layanan vaksinasi COVID-19 bagi wisatawan yang mengunjungi Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng.

"Kami membuka layanan vaksinasi bagi wisatawan yang akan memasuki objek wisata dan belum mendapatkan vaksinasi baik dosis pertama, kedua maupun dosis penguat," kata Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto di Banjarnegara, Jawa Tengah, Kamis.

Dia mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka menyukseskan Operasi Ketupat Candi 2022 yang dilaksanakan secara terpusat untuk pengamanan mudik Lebaran dan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Baca juga: RSI Banjarnegara buka layanan kesehatan gratis bagi pemudik

AKBP Hendri Yulianto menambahkan bahwa selain untuk wisatawan pihaknya juga menyediakan layanan vaksinasi bagi pengguna jalan yang melintas di gerai-gerai vaksinasi yang disediakan.

"Gerai vaksinasi terdapat di Pos Terpadu Pengamanan Mudik Lebaran 2022 di Alun-alun Banjarnegara, pos pengamanan di Mandiraja, pos pengamanan di Purwareja Klampok dan gerai vaksinasi di Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng," katanya.

Kapolres menambahkan bahwa dalam Operasi Ketupat Candi 2022 ini petugas melakukan pengamanan serta memberikan pelayanan kepada para pemudik, berupa layanan kesehatan dan vaksinasi.

Baca juga: Dokter: Kunyit miliki banyak manfaat bagi kesehatan

"Petugas juga terus mengintensifkan kampanye protokol kesehatan serta memastikan situasi keamanan dan ketertiban berlangsung kondusif," katanya.

Sementara itu, dia juga mengatakan bahwa penyediaan layanan vaksinasi bagi wisatawan dan pengguna jalan merupakan bagian dari akselerasi vaksinasi untuk menyasar masyarakat yang belum mendapatkan vaksin.

"Kami memang memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan bagi mereka yang belum mendapatkan vaksin. Bahkan bagi masyarakat Banjarnegara yang belum vaksin juga bisa memanfaatkan gerai-gerai vaksinasi ini," katanya.

Baca juga: Pemkab Banjarnegara ajak warga perkuat pola hidup bersih dan sehat

Hendri juga mengingatkan bahwa vaksinasi COVID-19 sangat penting untuk memberikan perlindungan optimal bagi masing-masing individu di tengah pandemi seperti sekarang ini.

"Selain perlu melengkapi diri dengan vaksinasi COVID-19 juga harus didukung dengan disiplin memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat," katanya.

Baca juga: BPJAMSOSTEK santuni dan rawat seluruh korban PLTP Dieng

Baca juga: Tiga korban kebocoran gas Dieng masih dirawat di ICU RSUD Wonosobo


 

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022