Jakarta (ANTARA) - Kepala Terminal Kampung Rambutan Yulza Ramadhoni mengungkapkan jumlah pemudik yang berangkat dari Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, semakin menurun pada H+3 Lebaran atau Jumat.

"Keberangkatan pemudik sudah jauh menurun sejak hari Jumat (29/4) pekan lalu. Sekarang H+ Lebaran ini di dominasi yang kembali ke Jakarta," kata Yulza kepada Antara di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Puncak arus balik di Kampung Rambutan diprediksi terjadi pada H+4

Berdasarkan data keberangkatan penumpang yang menggunakan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) pada 1 Mei, jumlah penumpang yang berangkat masih berada di angka 5.492 orang.

Kemudian terus mengalami penurunan hingga pada H+1 atau Rabu (4/5) mencapai 1.304 penumpang yang berangkat menggunakan 119 bus. Satu hari kemudian atau H+2, jumlah tersebut kembali berkurang menjadi 765 penumpang dengan menggunakan 104 bus AKAP.

Baca juga: Nakes: Kelelahan jadi masalah kesehatan pemudik di Kampung Rambutan

Sebaliknya, penumpang yang tiba di Terminal Kampung Rambutan mengalami lonjakan. Tepatnya sejak H+1 yang tercatat ada 3.862 orang yang tiba dengan menggunakan 326 bus. Kemudian kembali bertambah pada H+2 menjadi 5.272 penumpang dengan 368 bus.

Yulza memprediksikan puncak dari arus balik terjadi pada H+4 atau Sabtu (7/5). Dalam kesempatan ini, dia mengimbau kepada semua penumpang agar tetap taat pada protokol kesehatan (prokes) karena kondisi masih dalam pandemi COVID-19.

Baca juga: Sejumlah pemudik masih tampak di Terminal Kampung Rambutan Jaktim

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022