Belitung, Babel (ANTARA) - Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tanjung Pandan, Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat jumlah penumpang arus balik di pelabuhan setempat pada Sabtu, mencapai 398 orang.

Kepala KSOP Kelas IV Tanjung Pandan Anggiat Douglas Silitonga di Tanjung Pandan, Sabtu, mengatakan 398 penumpang tersebut berangkat menggunakan kapal cepat Express Bahari 3E tujuan Pulau Bangka atau Kota Pangkal Pinang.

"Arus balik di Pelabuhan Tanjung Pandan terus meningkat semakin mendekati akhir masa cuti bersama dan libur panjang Idul Fitri," katanya.

Pihaknya mencatat jumlah penumpang kapal cepat Express Bahari 3E pada Sabtu, sebanyak 398 orang meningkat dibandingkan dengan sehari sebelumnya yang 390 orang.

"Besok (8/5), jumlah penumpang diprediksi juga meningkat tidak jauh berbeda dengan kondisi hari ini. Karena besok merupakan hari terakhir cuti bersama," ujarnya.

Baca juga: Polda Banten: Kembali terjadi peningkatan arus dari Banten ke Lampung

Ia mengimbau pihak operator kapal cepat tidak mengangkut penumpang melebihi batas maksimal kapal tersebut demi keselamatan bersama.

"Kami juga telah memeriksa kelengkapan alat keselamatan di kapal sebagai langkah antisipasi jika berada dalam keadaan darurat," katanya.

Pimpinan PT Sakti Inti Makmur Cabang Belitung Ivan Febrianto mengatakan jumlah penumpang arus balik Lebaran 2022 terus mengalami peningkatan.

"Kalau tidak kami batasi pembelian tiket, jumlahnya bisa melebihi ini, namun kami tahan dan memberangkatkan penumpang dengan tidak melebihi batas maksimal kapal sebanyak 408 penumpang," ujarnya.

Baca juga: Suasana Gerbang Tol Merak-Tangerang terpantau landai
Baca juga: Arus mudik masih mengalir dari Pelabuhan Sampit menuju Pulau Jawa
Baca juga: Bus dan penumpang padati dermaga 1 Pelabuhan Bakauheni

Pewarta: Kasmono
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022