Untuk mengantisipasi agar pelayanan retribusi bisa maksimal, kita melakukan penambahan petugas di seluruh TPR
Bantul (ANTARA) - Objek wisata kawasan Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dikunjungi sebanyak 145.118 wisatawan selama libur hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah sejak hari pertama hingga hari ke lima setelah Lebaran 2022.

Koordinator Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Induk Pantai Parangtritis Bantul, Rahmad Ridwanto saat dikonfirmasi di Bantul, Sabtu, mengatakan, bahwa data kunjungan ke tersebut dihimpun dari TPR sejak hari H Lebaran atau Senin (2/5) sampai Sabtu (7/5) pukul 13.30 WIB.

Dia menyebutkan, pada hari H Lebaran jumlah pengunjung sebanyak 7.575 orang, kemudian Selasa (4/4) berjumlah 25.870 orang, Rabu (5/5) berjumlah 29.900 orang, Kamis (6/5) berjumlah 35.905 orang, dan Jumat (7/5) berjumlah 26.196 orang, serta Sabtu (8/5) sampai pukul 13.30 sebanyak 19.699 orang.

Dia mengatakan, wisatawan yang berkunjung ke kawasan Pantai Parangtritis yang meliputi Gumuk Pasir, Pantai Parangkusumo, dan Pantai Depok sebagian dari luar daerah dan sebagian dari daerah DIY dan sekitarnya.

"Merata, baik luar daerah maupun lokal ada, dan kepadatan arus wisatawan di TPR meskipun ramai tapi lancar," katanya.

Baca juga: Uji coba new normal, Parangtritis dikunjungi belasan ribu orang

Dalam memaksimalkan pelayanan penarikan retribusi wisata atau karcis masuk Parangtritis bagi wisatawan, pemerintah daerah menerjunkan lebih dari 35 orang petugas dibantu dari aparat pemerintah terkait.

"Total ada 35 pemungut, plus TNI/Polri ormas (organisasi kemasyarakatan), Paksikaton, dan Dinas Perhubungan," katanya.

Selama libur Lebaran, menurut dia, Dishub bersama TNI/Polri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), instansi terkait melakukan pengaturan manual di TPR Parangtritis guna mengurangi kemacetan wisatawan yang datang menuju kawasan wisata andalan di Bantul itu.

Baca juga: Normal baru, Bantul lakukan ini untuk pelaku wisata Parangtritis

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo mengatakan, bahwa ada sekitar 280 destinasi wisata yang tersebar di 17 kecamatan se Bantul, namun pada libur Lebaran, pihaknya fokus pada pengendalian delapan objek wisata khususnya di pantai, karena menjadi tujuan favorit wisatawan.

"Untuk mengantisipasi agar pelayanan retribusi bisa maksimal, kita melakukan penambahan petugas di seluruh TPR, apalagi jalur wisata menuju pantai ketika libur nasional padat kendaraan. Total ada 89 petugas pemungut," katanya.


Baca juga: Menteri Kelautan canangkan Gerakan Bersih Pantai-Laut di Parangtritis
Baca juga: Tradisi "Padusan" di Parangtritis jelang puasa aman

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2022