Samarinda (ANTARA News) - Satu jenazah korban runtuhnya Jembatan Kartanegara ditemukan Minggu malam, menambah jumlah korban tewas akibat ambruknya jembatan di atas Sungai Mahakam di Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur itu menjadi lima orang.

Kepala Sub Bidang Penanggulangan Bencana Kantor Kesbang Linmas Kutai Kartanegara, Herlambang, yang dikonfrimasi membenarkan mengenai ditemukannya satu jenazah korban tewas tersebut.

"Korban ditemukan sekitar 200 meter dari lokasi ambruknya jembatan sekitar pukul 21. 30 Wita. Namun, saya belum tahu secara pasti apakah korban tersebut berjenis kelamin wanita atau laki-laki. Jasad korban tersebut segera dibawa ke Rumah Sakit Parikesit Tenggarong untuk diidentifikasii," ungkap Herlambang.

Dengan ditemukannya satu jenazah itu, maka hingga Minggu malam jumlah korban tewas akibat ambruknya Jembatan Kartanegara lima orang.

"Tim SAR saat ini masih terus melakukan upaya pencarian dengan melakukan penyisiran di sepanjang Sungai Mahakam," kata Herlambang.

Herlambang mengakui adanya hambatan tim SAR dalam melakukan pencarian korban. "Selain arus Sungai Mahakam cukup yang cukup deras, tiang jembatan yang terancam roboh juga menyulitkan proses pencarian korban,."

Sementara data di Posko di Tenggarong menyebutkan terdapat 33 orang yang oleh keluarganya dilaporkan hilang dalam insiden ambruknya jembatan tersebut.

Jembatan Kutai Kartanegara runtuh pada Sabtu (26/11) sekitar pukul 16.30 Wita dan saat kejadian dikabarkan kondisi lalu lintas cukup ramai oleh mobil dan kendaraan yang melintas.

Sampai saat ini dilaporkan lima orang tewas, 40 orang terluka dan 33 orang lainnya masih dalam pencarian.

Jembatan Kartanegara adalah jembatan yang melintas di atas Sungai Mahakam yang menghubungkan Kota Samarinda dengan Tenggarong. Bentang bebasnya, atau area yang tergantung tanpa penyangga mencapai 270 meter dari total panjang jembatan sekitar 710 meter.

Jembatan yang diresmikan pada 2001 tersebut merupakan sarana penghubung utama Kota Samarinda dengan Kecamatan Tenggarong Seberang, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Jembatan ini dibangun menyerupai Jembatan Golden Gate di San Francisco, Amerika Serikat.

(ANTARA)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011