Palu (ANTARA News) - Korban tewas dalam kecelakaan bus "Harvest" jurusan Palu-Manado Minggu siang empat orang, lima orang menderita luka berat, dan puluhan lainnya luka ringan.

Menurut Kepala Polres Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, AKBP Yusuf Hondawantri Naibaho, korban tewas bernama Jemmy Leppa (55), warga Manado, Sulawesi Utara, Refli Piter (30), juga dari Manado, Irma (30), warga Gorontalo, dan Agus (30), kernet bus.

Dihubungi via telepon Senin Kapolres mengatakan, satu diantara empat korban tewas ditemukan dalam posisi terjepit di dalam bus sehingga proses evakuasi cukup lama.

Kapolres menjelaskan, setelah polisi mengecek ulang, jumlah penumpang yang berada di dalam bus sebanyak 36 orang, bukan 31 sebagaimana menurut catatan perusahaan angkutan pemilik bus.

"Sementara penumpang yang tidak tercatat dalam manivest sebanyak lima orang, terdiri dari satu dewasa dan empat penumpang lainnya adalah anak-anak, sehingga total penumpang yang ada dalam bus sebanyak 36 orang," kata Kapolres Parigi Moutong.

Dari 36 orang yang ada dalam bus itu, empat di antaranya dipastikan meninggal dunia, luka berat lima orang, dan selebihnya mengalami luka ringan.

Kapolres Hondawan menuturkan, kecelakaan tunggal itu terjadi Minggu sekitar pukul 14.00 WITA.

Menurut keterangan sopir bus, Sardin Makmur (44), warga Tanah Lanto, Kecamatan Torue, Parigi Moutung, pada saat melewati jalan menurun dan tikungan di kilometer 11-12 bus tidak bisa dikendalikan karena jalan licin tersiram hujan.

Mesin bus kemudian mati dan bus masuk jurang dalam posisi miring ke kiri.

"Sopir dan penumpang yang selamat kini masih diperiksa oleh penyidik di Mapolres Parigi Moutong," kata mantan perwira menengah di Direktorat Lalu Lintas Polda Sulteng itu.

(ANT-106)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011