telah disiapkan berbagai langkah antisipasi agar penumpang pesawat bisa aman dan lancar
Makassar (ANTARA) - Otoritas bandara mencatat sebanyak 16.420 orang tiba di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pada H+4 lebaran atau Sabtu (7/5).

Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I Iwan Risdianto di Makassar, Minggu, membenarkan jumlah penumpang bandara  jauh lebih  padat  menjelang berakhirnya libur Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Peningkatan penumpang sudah terlihat sejak H-7 atau 25 April 2022 dengan total kedatangan sebanyak 13.556 orang. Dan data Sabtu (H+4), jumlah penumpang yang tiba di Bandara Hasanuddin sebanyak 16.420 orang," katanya.

Untuk arus balik Minggu ini (H+5), kata dia, diperkirakan mencapai puncaknya untuk itu telah disiapkan berbagai langkah antisipasi agar penumpang pesawat bisa aman dan lancar.

"Untuk data jumlah penumpang yang tiba hari ini, kita baru akan kalkulasi pada tengah malam nanti," katanya.

Sebelumnya, Pelaksana Harian Kepala Dinas Perhubungan Sulawesi Selatan Aruddini mengimbau warga agar dapat menghindari perjalanan arus balik pada 8 Mei 2022 atau sehari sebelum masuk kerja agar terhindar kemacetan yang panjang di perjalanan.

Aruddin memprediksikan sekitar 700 ribu dari jutaan pemudik baru akan masuk ke Makassar pada 7 hingga 8 Mei 2022.

Ia menjelaskan, jika sampai hari masih tersisa hingga 500 ribu pemudik yang belum masuk ke Makassar, maka tentu potensi terjadi kemacetan panjang akan lebih besar dan itu yang tentunya yang patut dihindari.
Baca juga: Arus balik lewat udara dan laut di Makassar terus meningkat
Baca juga: Calon penumpang bersyukur syarat tes COVID-19 tidak diwajibkan
Baca juga: SHIAM catat penurunan penumpang 21 persen selama Februari 2022

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022