Sumatera Selatan (ANTARA) - Arus balik Idul Fitri 1443 Hijriah yang menggunakan kendaraan motor roda dua mulai ramai menuju ke Kota Palembang, Sumatera Selatan, pada H+5  atau Minggu.

Berdasarkan pantauan, tampak para pemudik bermotor tersebut mulai berdatangan masuk ke Palembang melintasi Jalan Sriwijaya Raya, Karya Jaya, Kertapati pada Minggu sekitar pukul 15.30 WIB.

Mereka sebagian besar pemudik yang kembali ke Palembang usai merayakan lebaran dari berbagai daerah baik dalam provinsi maupun luar provinsi diantaranya seperti Lampung.

Baca juga: Minggu sore, arus balik jalur Pantura Indramayu ramai lancar

Salah satu pemudik, Dwiki (28) yang dibincangi di sebuah toko swalayan wilayah Kertapati mengatakan, ia berangkat dari Air Perikam, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan pada pukul 08.00 WIB lalu tiba di lokasi itu pukul 15.00 WIB.

Dwiki mengaku perjalanan antarkota yang berjarak lebih dari 200 kilometer tersebut ia tempuh secara aman dan lancar dengan berboncengan bersama seorang rekannya bernama Indah itu.

Meskipun di sisi lain, lanjutnya, sempat merasa gugup karena mereka mengendarai motor automatic berkekuatan 110 CC sekaligus membawa satu kardus dan tas ukuran sedang berisi pakaian yang berat ditaruh di bagian depan motor, melintas diantara kendaraan mobil bus/truk.

Baca juga: Polisi tiga kali buka-tutup jalan di Nagreg karena satu arah pada H+5

"Alhamdulillah hari ini pun cerah, perjalanan lancar sesuai perkiraan kami sekitar 7-8 jam dari Pagaralam-Palembang," kata dia yang sedang beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan ke rumahnya di Sukarame, Palembang.

Hal demikian juga disampaikan oleh Haryanto, seorang pemudik lainnya yang kembali dari Kota Metro Lampung menuju Palembang.

Hary mengaku, ia berangkat dari kota Metro mengendarai motor bersama istri dan seorang anak laki-lakinya menuju Palembang pada Jumat (5/6) pagi aman dan lancar.

Baca juga: Pelabuhan Tanjung Priok ramai pada H+5 Lebaran 2022

Dalam perjalanan, kata Hary, mereka menyempatkan diri untuk mengunjungi rumah keluarganya di Prabumulih, Sumatera Selatan untuk bersilaturahmi sekaligus beristirahat sejenak semalam di sana.

"Waktu pergi lancar, sempat istirahat sehari di Prabumulih sampai di sana malam karena cukup santai, lalu dari Prabumulih kami lanjut jalan pukul 10.00 WIB tadi," kata dia.

Adapun diketahui ramainya pemudik yang mengendarai sepeda motor tersebut mulai terpantau oleh petugas Pos Pelayanan Operasi Ketupat Musi 2022 Karya Jaya sejak H+4 Lebaran atau Sabtu (7/5).

"Pemudik yang bermotor terpantau ramai dari kemarin khususnya siang-sore," kata personel kepolisian di Pos Pelayanan Operasi Ketupat Musi 2022 Karya Jaya Aiptu A.Chalik.

Petugas kepolisian mengimbau para pemudik selama arus balik Lebaran tersebut tetap mematuhi peraturan lalu lintas dengan mengenakan helm berpenutup muka yang sesuai standar, melengkapi surat-surat kendaraan bermotor dan tidak membawa barang yang melebihi kapasitas.

"Bila capek jangan paksakan diri, segera beristirahat sejenak seperti dengan mengunjungi pos-pos pengamanan selama arus balik yang telah disiagakan di daerah masing-masing," kata dia, sekaligus memastikan arus lalu lintas aman dan lancar.

Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022