Ciawi, Kabupaten Bogor (ANTARA) - Simpang Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat ramai penumpang yang berangkat menuju Jakarta pada puncak arus balik Lebaran 2022, Minggu.

Pantauan pada pukul 15.00 WIB, penumpang menuju Jakarta tampak berkerumun menunggu kedatangan bus yang akan mengarah ke Tol Jagorawi.

Salah satu penumpang yang akan menuju Jakarta, Manyai, menyatakan alasannya menunggu di kawasan tersebut, karena lebih dekat dan cepat menuju Jakarta.

“Hanya 1,5 jam naik bus ke Jakarta dari sini, langsung naik saja, nanti bayar sekitar Rp20.000-25.000,” ujar perempuan asal Sukabumi, Jawa Barat.

Baca juga: Lalu lintas lancar, Jasa Marga setop contra flow Jagorawi arah Ciawi

Baca juga: Malam takbiran, lalu lintas arah Puncak lancar


Manyai mengatakan dirinya memilih pulang Jakarta bersama anaknya pada hari ini, untuk bekerja pada keesokan harinya.

Manyai dan anaknya sempat berkali-kali ditolak naik bus, lantaran telah penuh penumpang. Namun akhirnya, dia dan anaknya mendapatkan bangku bus untuk turun di Terminal Senen.

Senada halnya dengan penumpang Jay yang mengatakan alasannya pulang hari ini, lantaran bekerja di Jakarta esok hari.

Penumpang yang juga berasal dari Sukabumi, Jawa Barat, tersebut mengatakan arus balik Lebaran tahun ini di Simpang Ciawi tidak seramai saat arus mudik Lebaran.

“Sekarang, sih, mulai lancar, tapi mudiknya yang macet. Saya baru satu jam disini untuk nunggu bus,” ujar pria yang akan turun di Terminal Kampung Rambutan Jakarta.

Menurut dia, menunggu bus di Simpang Ciawi lebih cepat sampai tujuan ke Jakarta dan lebih murah. Selain itu, memudahkan dirinya ketimbang membawa kendaraan pribadi.

“Saya biasanya menunggu disini, karena enggak mungkin juga bawa kendaraan. Lebih baik naik (kendaraan) umum,” ujar Jay.*

Baca juga: Ganjil genap arah Puncak berlaku mulai Simpang Gadog

Baca juga: Mudik lewat tol Ciawi-Sukabumi, siapkan hal ini


Penumpang menuju Jakarta akan naik bus dari Simpang Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Ahad (8/5/2022). (ANTARA/Devi Nindy)

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022