Bandarlampung (ANTARA News) - Sejumlah pohon yang ditanam tiga Menteri pada 24 Oktober 2010 di sekitar Taman Hutan Kota Bandarlampung tampak tak terawat bahkan ada yang mati.

Pantauan ke lokasi tersebut, Senin, tampak pohon yang ditanam ketiga menteri itu tidak terurus bahkan mati dan beberapa pohon lainnya tumbuh namun tak terawat dengan kondisi terlilit tanaman pengganggu.

Penanaman pohon pada tahun lalu itu berkaitan dengan program penanaman satu miliar pohon, dilakukan oleh Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, dan Menteri Hukum dan HAM (saat itu) Patrialis Akbar.

Selain ketiga pejabat negara tersebut, juga hadir Bupati Tulangbawang Abdurachman S Natamenggala, serta dari Pemprov Lampung diwakili Plt.Sekdaprov, Hanan A Razak.

Saridewi, warga Bandarlampung menyayangkan tak terurusnya pohon yang telah ditanam tersebut, bahkan terkesan dibiarkan.

"Sayang sekali hal itu terjadi. Selain sia-sia, juga telah menghabiskan anggaran. Karena waktu penanaman kan memerlukan biaya," kata dia.

Ia pun menilai percuma gencarnya penanaman pohon tetapi tidak diimbangi dengan perawatan, sehingga tidak tumbuh maksimal bahkan akhirnya mati.

Warga lainnya, Hasanuddin mengatakan penanaman pohon itu hanya mengutamakan seremonial namun tidak diimbangi dengan perawatan.

"Memang mudah memulai, tetapi merawatnya yang susah. Semestinya, kementerian kehutanan bisa meminta kepada dinas kehutanan di sini atau pihak terkait untuk membantu perawatan," ujar dia.
(ANT)
 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011