Timika (ANTARA News) - Sebanyak 750 personel gabungan Polri dan TNI dikerahkan untuk mengamankan situasi kamtibmas di Mimika, Papua, mengantisipasi peringatan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM), Kamis, 1 Desember 2011.

Kapolres Mimika AKBP Deny Edward Siregar usai memimpin apel gabungan Polri dan TNI di Lapangan Timika Indah, Rabu mengatakan, pengamanan dipusatkan pada 13 titik di sekitar Kota Timika.

"Kita akan tempatkan anggota Polri dan TNI bersama-sama pada pos-pos yang sudah kita siapkan. Mulai hari ini kita lakukan siaga I di setiap titik yang sudah ditentukan," jelas Deny Siregar.

Menurut dia, dalam pengamanan mengantisipasi peringatan HUT OPM pada 1 Desember 2011, aparat TNI dan Polri tetap mengedepankan pendekatan persuasif kepada masyarakat, namun juga melakukan penegakkan hukum bagi siapapun yang melakukan tindakan yang mengacaukan situasi kamtibmas.

Untuk mencegah hal-hal negatif yang bakal terjadi, Polres Mimika telah berkoordinasi dan melakukan pertemuan dengan para tokoh masyarakat setempat.

"Tadi malam kami sudah bertemu dengan Bapak Pendeta Izak Onawame untuk sama-sama kita menjaga keamanan daerah," tutur Deny Edward.

Apel gabungan pengamanan mengantisipasi peringatan 1 Desember di Timika diikuti seluruh satuan TNI dan Polri setempat seperti Brigif 20 Ima Jaya Keramo, Kodim 1710 Mimika, Lanal Timika, Lanud Timika, Detasemen Kaveleri, Yonif 754 Eme Neme Kangasi, Sub Denpom, Polres Mimika dan Detasemen B Brimob Polda Papua.
(E015/R007)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011