Bukti kinerja sektor pertanian yang tumbuh di tengah pandemi COVID-19 tercermin dari kinerja ekspor yang naik 15,79 persen di tahun 2020 dan naik 38,69 persen di tahun 2021
Gresik, Jatim (ANTARA) - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengapresiasi kontribusi PT Pupuk Indonesia dalam meningkatkan kinerja sektor pertanian di Indonesia, sebab mampu tumbuh di tengah pandemi COVID-19.

"Bukti kinerja sektor pertanian yang tumbuh di tengah pandemi COVID-19 tercermin dari kinerja ekspor yang naik 15,79 persen di tahun 2020 dan naik 38,69 persen di tahun 2021," kata Syahrul Yasin Limpo di Gresik, Jatim, Selasa.

Menurut Syahrul, Pupuk Indonesia dan anak usahanya telah berhasil menjamin ketersediaan pupuk yang dibutuhkan dalam sektor pertanian, dan sektor pertanian menjadi salah satu sektor yang tetap tumbuh walaupun tengah pandemi COVID-19.

"Dua tahun terakhir ini memang saya mau kasih data, dari dua tahun turbulence tidak ada data yang naik, hanya satu sektor saja, ini data BPS (Badan Pusat Statistik), yang naik hanya pertanian, kenapa? karena adanya pupuk Petrokimia yang tumbuh," katanya.

Ia mengatakan, kinerja sektor pertanian juga terlihat dari data nilai tukar petani (NTP) yang sudah berada di level 109 dari target yang direncanakan dalam APBN di level 104-105, hal ini menunjukkan pemerintah telah memenuhi kebutuhan komoditas pangan utama seperti beras nasional.

"Impor sudah 3 tahun tidak ada impor beras, orang bilang kalau tidak impor beras akan menjadi bencana, ternyata nggak tuh, karena ada Pupuk Indonesia dan Petrokimia yang kerja di lapangan," kata Syahrul.

Meski kinerja meningkat, namun Mentan mengakui masih ada beberapa tantangan yang kini dihadapi, yakni mulai dari penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan, perubahan iklim yang ekstrim, serta perang Rusia-Ukraina yang berdampak pada pasokan bahan baku pupuk.

Menghadapi tantangan itu, Direktur Utama Pupuk Indonesia Bakir Pasaman mengaku selalu siap bermitra dengan pemerintah dalam memenuhi kebutuhan pupuk di tengah ancaman perang antara Rusia dengan Ukraina.

Salah satu upayanya yakni menambah kapasitas produksi khusus pupuk NPK yang saat ini masih sekitar 2,7 juta ton dan akan ditambah sekitar 500 ribu ton melalui pabrik yang berada di kawasan Iskandar Muda, Aceh.

"Kami berusaha semaksimal mungkin, apa pun yang terjadi kami bersama-sama untuk menyiapkan pupuk sebanyak-banyaknya sesuai harapan pak Menteri," katanya.

Baca juga: Mentan harap PIM tingkatkan produksi pupuk sesuai potensinya
Baca juga: Pemerintah akan perbaiki regulasi dan tata kelola pupuk subsidi
Baca juga: Mentan minta petani tak bergantung pada pupuk subsidi

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022