Kabupaten Bogor (ANTARA) - Warga Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Menggugat (AMM) menggelar aksi teatrikal memancing ikan hingga menanam pohon di jalan Letnan Sukarna, Ciampea, Bogor, yang kondisinya rusak parah.

"Kami mendesak kepada pemerintah Kabupaten Bogor agar segera memperbaiki jalan Letnan Sukarna yang rusak," kata Kordinator Lapangan AMM, Kemas Friman usai aksi teatrikal, Selasa.

Menurutnya, aksi itu merupakan bentuk protes warga lantaran kesal jalan sepanjang 600 meter dibiarkan rusak bertahun-tahun. Kondisi tersebut dinilai mengganggu aktivitas masyarakat yang lalu-lalang, bahkan kerap menimbulkan kecelakaan.

Aksi teatrikal yang dilakukan di beberapa lubang jalan dengan genangan air itu berlangsung dengan pengawalan dari jajaran Kepolisian, TNI, dan Satpol PP.

Baca juga: TNI-warga bergotong royong perbaiki jalan rusak di batas RI-Malaysia

Baca juga: Pemkab Cianjur "cuek", warga swadaya perbaiki jalan rusak di Puncak II


Sementara, Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan menyatakan bahwa ruas jalan tersebut akan diperbaiki tahun ini. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor sudah menganggarkan Rp8 miliar melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang untuk melakukan peningkatan kualitas jalan.

"Saat ini kegiatan peningkatan Jalan Warung Borong - Rancabungur sedang memasuki tahapan proses tender," kata Iwan.

Dengan perbaikan jalan tersebut, Iwan berharap dapat meningkatkan mobilitas masyarakat sekitar. Sebab, ruas Jalan Warung Borong - Rancabungur ini digunakan masyarakat sebagai akses utama ke Pasar Ciampea.

"Selain itu masyarakat juga menjadikan jalan ini sebagai jalan alternatif menghindari kemacetan yang kerap terjadi di Jalan Nasional," tuturnya.*

Baca juga: Ribuan warga dua desa berharap perbaikan jalan

Baca juga: Ironis dekat kantor Bupati, warga swadaya perbaiki jalan rusak

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022