... tetapi saya minta pengusaha di NTT tidak berspekulasi, apalagi meraup untung besar tanpa memikirkan penderitaan masyarakat...
Kupang, NTT (ANTARA News) - Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, meminta para pengusaha untuk tidak berspekulasi dengan cara menaikkan harga barang kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 1 Januari 2012.

"Saya tahu, kebutuhan masyarakat meningkat menjelang Natal dan Tahun Baru tetapi saya minta pengusaha di NTT tidak berspekulasi, apalagi meraup untung besar tanpa memikirkan penderitaan masyarakat," katanya, di Kupang, Kamis, terkait antisipasi terhadap kenaikan harga sembako menjelang Natal dan Tahun Baru.

Para pengusaha di daerah itu, pada setiap menjelang hari Raya Natal dan Tahun Baru, selalu menaikkan harga barang kebutuhan pokok dengan alasan permintaan meningkat, sementara pasokan barang terhambat karena wilayah perairan NTT mulai Desember-Februari kurang bersahabat karena bertepatan dengan musim hujan.

Gubernur mengaku sudah mengetahui bahwa para pengusaha telah mulai memasok barang-barang kebutuhan selama beberapa bulan terakhir untuk keperluan Natal dan Tahun Baru, sehingga tidak bisa menggunakan alasan cuaca untuk menaikan harga barang.

"Saya sudah mendapat laporan para pengusaha sudah mulai memasok barang-barang dari Jawa selama beberapa bulan terakhir ini. Jadi stok barang tentu selalu ada dan harganya bisa ditekan," katanya.

Menurut dia, pemerintah tidak melarang pengusaha untuk mencari keuntungan dalam berbisnis tetapi yang wajar sehingga tidak membebani masyarakat.

Gubernur mengatakan, pemerintah hanya sebatas menghimbau tetapi tetap ada langkah antisipasi menjelang Natal dan Tahun Baru.

Langkah yang akan dilakukan pemerintah untuk mengantisipasi lonjakan harga sembako jelang Natal dan Tahun Baru serta menekan aksi spekulan para para pengusaha adalah menggelar Operasi Pasar (OP) dan kegiatan pasar murah.

Dalam kaitan ini, Gubernur mengajak semua pihak, terutama para distributor yang ada di NTT, untuk terlibat aktif dalam kegiatan pasar murah.

"Saya kemarin meninjau juga beberapa pasar murah. Ya.., inilah wujud upaya pemerintah yang bisa dilakukan dalam rangka meringankan beban masyarakat karena kita tahu harga-harga akan melambung menjelang Natal dan Tahun Baru," katanya.

Karena itu, instansi terkait diminta menggalang kerja sama dengan berbagai komponen di daerah ini untuk menggelar pasar murah sebanyak-banyaknya di daerah ini mulai Desember.

Hanya dengan cara ini, para pengusaha tidak menaikan harga secara tidak wajar yang menyusahkan masyarakat, kata Lebu Raya.  (B017)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011