... melalui inovasi serta teknologi untuk meningkatkan kuailtas produk melaui sumber daya manusia, perbaikan proses bisnis yang terarah dan sistematis sehingga efisien sekaligus efektif...
Bandung (ANTARA News) - PT Bio Farma (Persero) meraih dua gelar bergengsi pada dua kategori dalam penghargaan Malam Anugerah BUMN dari Kementerian BUMN Indonesia. Prosuder vaksin dunia itu meraih kedua tempat terhormat pada kategori Inovasi Teknologi BUMN Terbaik dan Inovasi Strategi Bisnis Global BUMN Terbaik.

Sebanyak 69 BUMN dari berbagai sektor turut serta dalam perebutan gelar paling inovatif pada 12 kategori dengan tema besar "Inovasi Untuk Kinerja Unggul".

12 kategori tersebut antara lain, yaitu Inovasi Manajemen BUMN Terbaik, Inovasi Tata Kelola BUMN Terbuka Terbaik, Inovasi Produk Manufaktur BUMN Terbaik, Inovasi Produk Agrikultur BUMN Terbaik, Inovasi Produk Jasa BUMN Terbaik, Inovasi Teknologi BUMN Terbaik, Inovasi Pemasaran BUMN Terbaik, Inovasi SDM BUMN Terbaik, dan Inovasi PKBL BUMN Terbaik.

Ada lagi Inovasi Pelayanan Publik BUMN Terbaik, Inovasi Strategi Bisnis Global BUMN Terbaik, CEO BUMN Inovatif Terbaik dan Peraih penghargaan terbanyak akan berhak menyandang gelar BUMN Inovatif Terbaik (Best of the Best). Pada kesempatan ini, Bio Farma mendapatkan tiga nominasi untuk kategori Inovasi Teknologi BUMN, Inovasi Strategi Persaingan Global dan Inovasi Produk Manufaktur.

Penganugerahan capaian bagi BUMN itu dilakukan langsung oleh Menteri BUMN, Dahlan Iskan.

Dengan proses seleksi dan verifikasi yang memakan waktu yang lama, akhirnya Bio Farma berhasil meraih juara pertama untuk dua kategori, yaitu Inovasi Teknologi BUMN dan Inovasi Strategi Bisnis Global BUMN Terbaik.

Sedangkan untuk Inovasi Produk Manufaktur mendapatkan juara dua. Penilaian yang dilakukan untuk kategori inovasi teknologi meliputi keberhasilan perusahaan dalam menciptakan atau mengembangkan teknologi dalam mengubah input menjadi output secara inovatif selama atau dalan lima tahun terakhir.

"Alhamdulillah Bio Farma sudah melakukan percepatan sekaligus pertumbuhan perusahaan yang berkesinambungan melalui inovasi serta teknologi untuk meningkatkan kuailtas produk melaui sumber daya manusia, perbaikan proses bisnis yang terarah dan sistematis  sehingga  efisien sekaligus efektif," kata Sekretaris Perusahaan PT Bio Farma, M Rahman Rustan. Dia mewakili perusahaannya itu dalam malam penganugerahan tersebut.

Pada kategori Inovasi Strategi Bisnis Global, kriteria penilaian adalah keberhasilan dalam menentukan, memilih atau mengadopsi/mengembangkan dan menerapkan strategi bisnis yang inovatif sehingga perusahaan memiliki peranan dan andil di pasar global dalam konteks nasional maupun internasional selama lima tahun terakhir.

Selama lima tahun terakhir ini, Bio Farma telah berhasil meningkatkan penjualannya khususnya untuk sektor ekspor dengan tetap memperhatikan kepentingan pasar lokal. Tahun 2010 ini, sektor penjualan ekspor memberikan kontribusi terbesar kepada pendapatan bersih perusahaan sebesar 63 persen dan mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Dalam sambutannya, Iskan menyampaikan perusahaan pemenang agar "menularkan"  berbagai inovasi tersebut kepada BUMN lainnya sehingga akan lebih banyak lagi BUMN yang ikut kompetisi ini nantinya. Dengan kondisi seperti itu maka, persaingan akan lebih kompetitif dan mampu memenangkan persaingan bisnis karena memiliki kinerja yang lebih unggul. (ANT)

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011