Ambon (ANTARA News) - Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengimbau Dinas PU di seluruh Indonesia untuk mewaspadai kemungkinan burukakibat cuaca ekstrem dan perubahan iklim.

"Semua Kepala Balai, Dinas Satuan Kerja PPK di lapangan segera memeriksa ulang semua bangunan pengaman, pengendali banjir, saluran dan drainase guna memastikan bangunan tersebut berfungsi sebagaimana mestinya," kata Djoko dalam sambutan tertulis dibacakan Wakil Gubernur Maluku, Said Assagaff pada peringatan Hari Bakti PU ke-66, di Ambon, Sabtu.

Menurut Djoko Kirmanto, intensitas hujan yang semakin meningkat telah mengakibatkan banjir dan longsor di beberapa daerah.

Tahun ini, katanya, banjir besar juga melanda berbagai negara seperti Amerika Serikat, Cina, Korea, Pakistan, terakhir di Thailand, dan semua itu akibat cuaca ekstrim.

"Untuk itu, perlu dilakukan pengecekan kondisi infrastruktur PU yang mungkin terkena dampak banjir, misalnya jalan, jembatan, bendungan serta embung, untuk kemudian dilakukan tindakan preventif," katanya.(*)

ANT/J007

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011