Biak,Papua (ANTARA) - Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) merevitalisasi fasilitas sarana prasarana objek wisata gua Jepang Binsari di Kabupaten Biak Numfor, Papua.

Direktur Pengembangan Destinasi II Kemenparekraf Wawan Gunawan menjawab ANTARA di Biak, Kamis, mengatakan, pelaksanaan revitalisasi fasilitas objek wisata gua Jepang Biak dimaksudkan untuk menambah daya tarik wisata agar memenuhi standar Internasional.

"Kamar WC yang dibangun di lokasi wisata gua Jepang Biak telah memenuhi standarisasi dan memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang menggunakannya," ungkap Wawan Gunawan menanggapi revitalisasi objek wisata gua Jepang Binsari Biak.

Ia mengakui, berbagai fasilitas objek wisata yang disiapkan Kemenparekraf melalui dinas pariwisata Biak bertujuan melengkapi kebutuhan tempat wisata karena sangat menjadi kebutuhan wisatawan ketika mengunjungi lokasi wisata.

Wawan berharap, fasilitas sarana prasarana objek wisata gua Jepang yang sudah dibangun pemerintah untuk dirawat dan dijaga sehingga tetap awet dan berguna melayani kebutuhan wisatawan.

"Dinas pariwisata Biak yang sudah membangun sarpras (sarana dan prasarana) objek wisata goa Jepang perlu diberi apresiasi karena telah melengkapi kebutuhan wisatawan di lokasi wisata," ujar Wawan Gunawan.

Revitalisasi fasilitas objek wisata gua Jepang ditandai dengan peresmian ruangan tamu dan WC serta berita acara serah terima hasil pekerjaan dilakukan Direktur Pengembangan Destinasi II Kemenparekraf Wawan Gunawan kepada Kadis Pariwisata Onny Dangeubun.serta disaksikan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Papua Yimin Weya,

Beberapa fasilitas objek wisata yang dibangun di antaranya WC, ruang pameran penyimpanan sisa peninggalan perang dunia II dan ruang tamu serta home stay.

Baca juga: RUU Daerah Kepulauan bisa membantu pengelolaan pariwisata Papua
Baca juga: Luhut minta Gubernur Papua Barat benahi pariwisata Raja Ampat
Baca juga: Membuka potensi pariwisata Gua Jepang di Biak Numfor

 

Pewarta: Muhsidin
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022